PENGARUH LINGKUNGAN KERJA KELOMPOK TANI DAN PERANAN SUMBERDAYA KONTAK TANI TERHADAP KINERJA PETANI DESA SIDO URIP KABUPATEN BENGKULU UTARA

Agusri Ramadhan(1), Satria Putra Utama(2), Irnad Irnad(3),
(1) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Indonesia
(2) Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UNIB, Indonesia
(3) Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UNIB, Indonesia

Abstract


Peran kontak tani dalam meningkatkan kinerja anggota kelompok tani pasti sangat dirasakan manfaatnya. Peran kontak tani yang memberikan kemajuan usaha tani para tani tentunya juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada seperti lingkungan kelompok tani. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh peranan sumberdaya kontak tani terhadap kinerja petani, pengaruh faktor lingkungan kerja kelompok tani terhadap peranan sumberdaya kontak tani dan menganalisis pengaruh faktor lingkungan kerja kelompok tani terhadap kinerja petani. Responden penelitian adalah anggota kelompok tani yang tergabung dalam petani pemakai air yang terletak di Desa Sido Urip Kabupaten Bengkulu Utara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM dengan menggunakan aplikasi WarpPLS yang digunakan untuk melihat hubungan kausal antar variabel yang diteliti. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa lingkungan kelompok tani berpengaruh terhadap Peran sumberdaya kontak tani dengan p-value ? 0,01 dengan (tingkat keyakinan 95%) dan nilai estimasi 0,46. Kemudian Variabel Peran sumber daya kontak tani juga berpengaruh signifikan terhadap Kinerja petani dengan p-value ? 0,01 dan nilai estimasi 0,41. Terakhir, variabel lingkungan kelompok tani berpengaruh signifikan terhadap kinerja petani dengan p-value 0,04 dan nilai estimasi sebesar 0,15. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa semakin baik lingkungan kerja kelompok tani maka dan semakin baik peran sumber daya kontak tani maka kinerja petanipun akan semakin baik.

 

Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Kinerja Petani, Kelompok Tani, Kontak Tani


Full Text:

PDF

References


Irawati, E., dan Yantu, M. R. 2015. Kinerja kelompok Tani Dalam Menunjang Pendapatan Usaha Tani Padi Sawah Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Jurnal Agrotekbis 3 (2).

Mardikanto, T., dan Padmaningrum, D. 2007. Pengaruh Kepemimpinan Kontak Tani Terhadap Dinamika Kelompok Tani Di Kecamatan ngemplak Kabupaten Boyolali. Jurnal Agribisnis No.22.

Pertiwi, P. R., dan Heryadi, H. 2012. Peran Kepemimpinan Kontak Tani Dalam Proses Difusi Inovasi Teknologi Pengelolaan Tanaman Dan Sumberdaya Terpadu Padi. Jurnal Matematika, sains dan Teknologi, 13 (1).

Rahmawati, N. P., dkk. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 8 (2).

Putra, E. A. S. 2016. Peranan Ketua Kelompok Tani dalam Mengadopsi Teknologi Budidaya Bawang Merah Di Lahan Pasir Pantai Kecamatan Saden Kabupaten Banatul. Jurnal Agro Ekonomi. 27 (2)

Sofyan, D. K. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Malikussaleh indus-trial Engineering 2 (1).

Suharyono dan Busyra. 2016. Kinerja Kelompok Tani Dalam Sistem Usaha Tani Padi Lahan Sub Optimal dan Metode Pemberdayaannya. 18 (1).

Wahyuni, S. 2003. Kinerja Kelompok Tani Dalam Sistem Usaha Tani Padi dan Metode Pemberdayaannya. Jurnal Litbang Pertanian 22 (1).




DOI: https://doi.org/10.31186/naturalis.1.3.1-8

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Naturalis Stats

Journal Naturalis index:

Crossref

Locations :