KAJIAN STATUS MUTU AIR SUNGAI KETAHUN DALAM RANGKA PENDAYAGUNAAN UNTUK BAKU MUTU AIR MINUM

Niko Demus (1) , Sigit Sudjatmiko (2) , Marulak Simarmata (3)
(1) Program Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu , Indonesia
(2) Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia
(3) Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia

Abstract

Sungai Ketahun membentang mulai dari Kabupaten Lebong pada bagian hulunya dan berakhir di Kabupaten Bengkulu Utara pada bagian hilirnya, memiliki panjang sungai 122.500 m. Sungai Ketahun ditetapkan dalam dua bagian, yaitu bagian hulu sungai Air Ketahun dari Danau Tes ke bagian hulu termasuk seluruh anak sungainya di tetapkan pada kelas satu dan bagian hilir Sungai Air Ketahun dari Danau Tes ke bagian hilir termasuk seluruh anak sungainya ditetapkan pada kelas dua. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Status Mutu Air Sungai Ketahun. Penentuan status kualitas air sungai Ketahun penting dilakukan untuk mengukur tingkat pencemaran yang terjadi agar sungai tersebut dapat digunakan sebagai bahan baku air minum. Pada penelitian ini, metode penentuan status mutu air yang digunakan adalah metode STORET dan Indeks Pencemaran (IP). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Status mutu air Sungai Ketahun dengan menggunakan STORET diketahui Desa Talang Donok, Desa Talang Bunut, Desa Air Tenang dan Desa Kuala Langi adalah tercemar berat. Menurut hasil Indeks Pencemaran (IP), status mutu air di Desa Talang Donok, Desa Air Tenang dan Desa Kuala Langi adalah tercemar ringan  dan Desa Talang Bunut adalah Cemar Sedang sehingga untuk saat ini tidak layak untuk dijadikan baku mutu air minum.

Kata Kunci : sungai ketahun, kualitas air, status mutu air, indeks pencemaran, store

Full text article

Generated from XML file

References

Agustiningsih, D. 2012. Kajian Kualitas Air Sungai Blukar Kabupaten Kendal dalam Upaya Pengendalian Pencemaran Air Sungai. Tesis Universitas Diponegoro.

Asdak. 2004. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Boyd, C. E. 1982. Water Quality in Warm Water Fish Fond. Auburn University Agricultural Experimenta. Auburn Alabama.

Chiras, D. And J.P. Reganold. 2005. Natural Resource

Conservation, dalam Wiryono (2013). Pengantar Ilmu Lingkungan. Pertelon Media. Bengkulu.

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 115 Tahun 2003 tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air.

Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2005 tentang Penetapan Baku Mutu Air dan Kelas Air Sungai Lintas Kabupaten/Kota dalam Provinsi Bengkulu.

Siahaan, R., A. Indawan, D. Soedharma, dan L.B. Prasetyo. 2011. “Kualitas Air Sungai Cisadane, Jawa Barat – Banten”.

Suriawiria, Unus. 1996. Air dalam Kehidupan dan Lingkungan yang Sehat. Penerbit Alumni. Bandung.

Wiryono, 2013. Pengantar Ilmu Lingkungan. Pertelon Media. Bengkulu.

Authors

Niko Demus
ndemus@gmail.com (Primary Contact)
Sigit Sudjatmiko
Marulak Simarmata
Demus, N., Sudjatmiko, S., & Simarmata, M. (2019). KAJIAN STATUS MUTU AIR SUNGAI KETAHUN DALAM RANGKA PENDAYAGUNAAN UNTUK BAKU MUTU AIR MINUM. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 8(1), 25–34. https://doi.org/10.31186/naturalis.8.1.9159

Article Details