Tingkat Kepuasan Aspek Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Perusahaan Peternakan Ayam Broiler Di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma

Nursaadah Istiqamah (1) , Dadang Suherman (2) , Basyarudin Zain (3)
(1) Program Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu , Indonesia
(2) Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia
(3) Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia

Abstract

Perusahaan peternakan ayam broiler di Provinsi Bengkulu telah menjadi andalan dalam subsektor peternakan di mana perkembangan usaha ini memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan peternakan dan memiliki nilai strategis khususnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein hewani pada masyarakat dan juga berperan dalam peluang kesempatan kerja. Berdirinya perusahaan peternakan di suatu daerah tertentu akan berpengaruh terhadap kondisi kehidupan sosial ekonomi di lokasi perusahaan seperti di Kecamatan Sukaraja tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kepuasan aspek sosial ekonomi dan lingkungan pada perusahaan peternakan ayam broiler Unggas Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan variabel yang diamati meliputi identitas responden, keadaan sosial ekonomi dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi namun kinerjanya rendah berada pada insentif yang diterima, tingkat kesesuaian terendah berada pada biaya kebutuhan hidup, aspek sosial yang memiliki tingkat kepuasan rendah pada atribut pengalaman dalam beternak, atribut biaya kebutuhan hidup pada aspek ekonomi masih memiliki nilai kepuasan yang rendah dan pada aspek lingkungan yang memiliki nilai kepuasan rendah pada atribut penanganan pakan, sehingga nilai yang kepuasan sebesar 81,75% berada pada skala sangat puas, penilaian masyarakat disekitar perusahaan peternakan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Kata Kunci : kepuasan, aspek sosial ekonomi, aspek lingkungan

Full text article

Generated from XML file

References

Basuno, E. 2008. Review dampak wabah dan kebijakan pengendalian Avian Influenza di Indonesia. Juenal Analisis Kebijakan Pertanian, (6): 314-334.

Dahlan M., Hudi N. 2011. Studi manajemen perkandangan ayam broiler di Dusun Wangket desa Kaliwates kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Jurnal Ternak, 2 (01): 24-29.

Gusasi, A. dan M.A. Saade. 2006. Analisis Pendapatan dan Efisiensi Usaha Ternak Ayam Potong pada Usaha Skala Kecil.

Ihsani, D. W. 2005. Analisis kepuasan konsumen terhadap atribut wisata Cangkuang Garut, Jawa Barat [Hasil Penelitian]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Ikhwan, A.M. 2007. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Gumati Café Bogor.Fakultas Ekonomi dan Manajemen.Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Irawan, H. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Murtidjo, B. A. 2003. Pedoman Beternak Ayam Broiler. Kanisius, Yogyakarta.

Nasir, M, Setianto, J dan Sutriyono. 2013. Kajian Manajemen Lingkungan Peternakan Ayam Broiler di Cv Satwa Jaya Farm di Desa Babad Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas. Journal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, 2 (2): 222-229.

Nurtjahya. 2003. Pemanfaatan Limbah Ternak Ruminansia untuk Mengurangi Pencemaran Lingkungan. Makalah pada pengantar Falsafah Sains. Bogor : IPB.
Pemerintah Kabupaten Seluma Izin Usaha Budidaya Peternakan

Ayam Broiler Perusahaan Unggas Jaya. 2018. Provinsi Bengkulu.
Peraturan Menteri Pertanian RI No. 31 Tahun 2014 tentang Pedoman Budidaya Ayam Pedaging dan Ayam Petelur yang baik.

Rachmawati, S. 2000. Upaya pengelolaan lingkungan usaha peternakan ayam. Balai Penelitian Veteriner. Wartazoa. Vol. 9 No.2 Hal 73-80.

Rasyid dan Sirajuddin. 2010. Peranan Pola Kemitraan Inti Plasma Pada Peternak Usaha Ayam Broiler (Buletin Ilmu Peternakan). Dinas Peternakan, Makassar.

Sianturi, M. S. 2018. Kajian Menejemen Produksi dan Lingkungan Perusahaan Peternakan Ayam Broiler di Desa Babatan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Tesis. Program Studi Pascasarjana Pengelolaan Sumber Alam. Fakultas Pertanian. Universitas Bengkulu.

Sukardi dan Cholidis, C. 2006. Aanalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk Corned pronas produksi PT CIP, Denpasar, Bali. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 18(2): 106-117.

Sumarwan, U. 2003. Perilaku Teori Konsumen dan Penerapan dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sunarto (2006). Pengantar Manajemen, Bandung: CV Alfabeta

Suratiyah, K. 2006. Ilmu Usahatani. Jakarja : Penebar Swadaya.

Sutarti dan Rachmawati. 1994. Zeolit. Tinjauan Literatur. Pusat Dokumentasi dan Informasi. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jakarta.

Yemima. 2014. Analisis Usaha Peternakan Ayam Broiler pada Peternakan Rakyat di Desa Karya Bakti, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Ilmu Hewani Tropika, 3 (1): 27-32.

Yusdja, Y., Ilham N, Sajuti R. 2004. Tinjauan penerapan kebijakan industri ayam ras: Antara tujuan dan hasil. Forum Agro Ekonomi. 22:21-36.

Yuwanta, T. 2004. Dasar Ternak Unggas. Kanisius. Yogyakarta.

Authors

Nursaadah Istiqamah
nistiqamah@unib.ac.id (Primary Contact)
Dadang Suherman
Basyarudin Zain
Istiqamah, N., Suherman, D., & Zain, B. (2019). Tingkat Kepuasan Aspek Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Perusahaan Peternakan Ayam Broiler Di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 8(1), 35–48. https://doi.org/10.31186/naturalis.8.1.9160

Article Details