Analisis Keberlanjutan Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit Pola Inti-Plasma Di PT. Bio Nusantara TeknologiKabupaten Bengkulu Tengah

Iskandar Iskandar (1) , Satria Putra Utama (2) , Muhammad Faiz Barchia (3)
(1) Program Studi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia
(2) Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. , Indonesia
(3) Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. , Indonesia

Abstract

Tuntutan global saat ini yang senantiasa meneriakkan kelestarian atau produksi yang berkelanjutan sudah tidak dapat dihindari lagi, termasuk juga didalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit khususnya kemitraan pola inti-plasma, yang harus segera dicari solusi atau pendekatannya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai indeks dan status keberlanjutan pengelolaan perkebunan kelapa sawit pola inti-plasma di PT. Bio Nusantara Teknologi yang berkelanjutan dari dimensi ekologi, ekonomi, sosial- budaya, teknologi-infrastruktur, dan hukum-kelembagaan, serta mengidentifikasi atribut yang sensitif terhadap keberlanjutan pengelolaan perkebunan kelapa sawit pola inti inti-plasma di PT. Bio Nusantara Teknologi. Analisis keberlanjutan dilakukan dengan metode pendekatan Multi Dimensional Scaling (MDS) dengan teknik kelapa sawit Rap-Insus (Rapid Appraisal Index Sustainability of palm oil management). Hasil penelitian menunjukkan bahwa status keberlanjutan pengelolaan perkebunan kelapa sawit pola inti-plasma di PT. Bio Nusantara Teknologi Kabupaten Bengkulu Tengah yang berdasarkan atas 5 dimensi dinyatakan  cukup berkelanjutan dengan indeks keberlanjutan multidimensi sebesar 53,18, dimana dimensi yang cukup berkelanjutan ada 3 dimensi yaitu ekologi, ekonomi, dan sosial-budaya, sedangkan 2 dimensi lainnya yaitu teknologi-infrastruktur dan hukum-kelembagaan berada pada status kurang berkelanjutan.

 

Kata Kunci: Perkebunan Kelapa Sawit, Pengelolaan Inti-Plasma, Multidimensi,Analisis

Keberlanjutan

Full text article

Generated from XML file

References

Arifin. T. 2008. Akuntabilitas dan Keberlanjutan Pengelolaan Kawasan Terumbu Karang di Selat Lembeh, Kota Bitung. (Disertasi), Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor: 173 hal.

Charles AT. 2000. Sustainability Fishery System. Sain Mary’s University Halifax, Nova Scotia, Canada. 370 p
Ditjenbun (Direktorat Jenderal Perkebunan) - Kementerian Pertanian. 2015. Statistik Perkebunan Indonesia 2013 – 2015. Kelapa Sawit. 68 hal.

Fauzi, A. dan S. Anna.2005. Pemodelan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan untuk Analisis Kebijakan. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Kavanagh P. 2001.Rapid Appraisal of Fisheries (RAPFISH) Project. University of British Columbia, Fisheries Centre.

Ruslan, Sabiham, S., Sumardjo, dan Manuwoto, 2013.Evaluasi Keberlanjutan Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit Pola Inti-Plasma Di PT. Perkebunan Nusantara VII Muara Enim, Sumatera Selatan. Jurnal Ekologia, Vol. 13 No.1, April 2013: 33-44

Pitcher, T.J. and Preikshot, D.B. 2001. Rapfish: A Rapid Appraisal Technique to Evaluate the Sustainability Status of Fisheries. Fisheries Research 49(3): 255-270.

Sabiham S. 2005. Manajemen sumberdaya lahan dalam usaha pertanian berkelanjutan .Makalah Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah “Save our Land for the Better Environment” Bogor.

Suwarno, J. 2011. Pengembangan Kebijakan pengelolaan berkelanjutan DAS Ciliwung Hulu, Kabupaten Bogor. (Disertasi).Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, SekolaPascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Authors

Iskandar Iskandar
ihbio@yahoo.co.id (Primary Contact)
Satria Putra Utama
Muhammad Faiz Barchia
Iskandar, I., Utama, S. P., & Barchia, M. F. (2019). Analisis Keberlanjutan Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit Pola Inti-Plasma Di PT. Bio Nusantara TeknologiKabupaten Bengkulu Tengah. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 7(1), 10–18. https://doi.org/10.31186/naturalis.7.1.9255

Article Details