Respon Pertumbuhan Dan Hasil Tiga Varietas Sorgum Terhadap Pemberian Pupuk Kandang Dan Mikoriza

Rossy Dwinda (1) , Puji Harsono (2) , Enggar Apriyanto (3)
(1) Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, , Indonesia
(2) Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia
(3) Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu , Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pertumbuhan dan hasil tiga varietas sorgum pada lahan pesisir dan tiga kombinasi pupuk kandang + mikoriza, serta mengetahui pengaruh interaksi varietas dengan kombinasi pupuk kandang + mikoriza terhadap pertumbuhan dan hasil sorgum. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2017 di Desa Kandang Mas Kecamatan Kampung Melayu. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok lengkap faktorial dengan dua faktor yaitu varietas dan kombinasi pupuk kandang + mikoriza. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lahan pesisir varietas numbu memiliki pertumbuhan dan hasil lebih tinggi dari varietas Kawali dan B100. Kombinasi pupuk kandang 10 ton/ha + mikoriza 10 gr/tanaman menghasilkan pertumbuhan dan hasil yang lebih tinggi dari kombinasi pupuk kandang 5 ton/ha + mikoriza 5 gr/tanaman dan kombinasi tanpa pupuk kandang dan mikoriza. Interaksi antara varietas sorgum dengan kombinasi pupuk kandang dan mikoriza menunjukkan bahwa kedua faktor tersebut memberikan pengaruh terhadap tinggi tanaman, diameter batang, berat kering pertanaman dan kadar gula sorgum.

Kata Kunci : Lahan Pesisir, Varietas Sorgum, Pupuk Kandang, Mikoriza

Full text article

Generated from XML file

References

Darliah I, Suprihatin DP, Handayani W, Herawati T dan Sutater T. 2001. Keragaman Genetik, Heritabilitas dan Penampilan Fenotipik 18 Klon Mawar di Cipanas. J. Hort. 11(3): 148- 154.

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dan Hortikultura. 1996. Prospek Sorgum Sebagai Bahan Pangan dan Industri Pangan. Risalah Simposium Prospek Tanaman Sorgum untuk Pengembangan Agroindustri, 17?18 Januari 1995. Edisi Khusus Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian No. 4-1996: 2?5.

Gardner, F.P., R. B Pearce dan R. L. Mitchell. Diterjemahkan ole Herawati. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Hapsoh, 2003. Kompatibilitas MVA dan beberapa Genotipe Kedelai pada berbagai Tingkat Cekaman Kekeringan Tanah Ultisol: Tanggap Morfofisiologi dan hasil [Disertasi]. Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Koten, B. B., R. D. Soetrisno., N. Ngadiyono dan B. Soewignyo. 2014. Perubahan Nilai Nutrien Tanaman Sorgum ( Sorghum bicolor (L) Moench) Varietas lokal Rote sebagai Hijauan Pakan Ruminansia Pada Berbagai Umur Panen dan Dosis Pupuk Urea. Jurnal Sain Peternakan Vol. 3 No. 2 : 55 – 60.

Mayun, I.A. 2007. Efek Mulsa Padi dan Pupuk Kandang Sapi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah di Daerah Pesisir. Agritrop. 26(1): 33-34.

Novizan. 2004. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Agromedia Pustaka. Jakarta. 114 hlm.

Rosmarkam, A. dan N.W. Yuwono. 2002. Ilmu Kesuburan Tanah. Kanisius.Yogyakarta.

Sirappa, M. P. 2003. Prospek Pengembangan Sorgum di Indonesia sebagai Komoditas Alternatif Untuk Pangan, Pakan, dan Industri. Jurnal Litbang Pertanian 22(4):133.

Sulandjari. 2008. Tanaman Obat – Rauvolfia serpentina – Ekofisiologi dan Budidaya. UNS Press. Surakarta.

Wahida., N. R. Sennang dan H. L. Hernusye. 2011. Aplikasi Pupuk Kandang Ayam pada Tiga Varietas Sorgum (Sorghum Bicolor L. Moench). Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin. Makasar.

Yulita, R. Dan Risda. 2006. Pengembangan Sorgum di Indonesia. Direktorat Budi daya Serealia. Ditjen Tanaman Pangan, Jakarta.

Authors

Rossy Dwinda
dwinda.rossy@gmail.com (Primary Contact)
Puji Harsono
Enggar Apriyanto
Dwinda, R., Harsono, P., & Apriyanto, E. (2019). Respon Pertumbuhan Dan Hasil Tiga Varietas Sorgum Terhadap Pemberian Pupuk Kandang Dan Mikoriza. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 7(1), 51–58. https://doi.org/10.31186/naturalis.7.1.9260

Article Details