Main Article Content

Abstract

Keragaman karakteristik endapan sedimen berdasarkan perbedaan proses geomorfologinya memiliki tantangan dalam dunia eksplorasi yang berkaitan dengan batuan sedimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik tekstur endapan sedimen berdasarkan perbedaan proses geomorfologi yang bekerja untuk menjadi sebuah analog. Metode yang digunakan dengan pengumpulan data lapangan, serta tahap pengolahan data berupa analisis granulometri di laboratorium. Hasil analisis menunjukkan bahwa sampel endapan pasir yang diambil pada daerah gumuk pasir memiliki rata-rata bentuk butir yang lebih menyerupai bentuk bola, kebundaran yang lebih membundar, ukuran butir yang lebih halus, sortasi yang lebih baik dan kedewasaan yang tingkatannya lebih dewasa dibandingkan dengan sampel endapan pasir pada daerah pasang surut

Keywords

sedimen tekstur kedewasaan

Article Details

How to Cite
Arif, S., Adibrata, P. F., & Dzakiya, N. (2020). Karakteristik Endapan Sedimen: Studi Kasus Pantai Parangkusumo Daerah Istimewa Yogyakarta. Newton-Maxwell Journal of Physics, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.33369/nmj.v1i1.14293

References

  1. Bayhaqy, A, Distribusi butiran sedimen di pantai Dalegan, Gersik, Jawa Timur, Depik, 1973.
  2. Boggs, Sam Jr., Petrology of Sedimentary Rocks, Cambridge, Cambridge University Press, 2009.
  3. Diar, C., M. R. Sudirman, A. Noviana, dan R. Hidayat, “Analisis Granulometri, Morfologi Butir, Dan Batuan Asal Pada Endapan Pasir-Kerakal Di Sepanjang Aliran Sungai Progo, D.I. Yogyakarta”, Proceeding, Seminar Nasional Kebumian, vol. 9, pp. 775 – 785, Oktober, 2016.
  4. Efenndy, Z., S. Dibyosaputro, “Analisis Ukuran Butir Sedimen Untuk Identifikasi Lingkungan Pengendapan Daerah Muara Sungai Bogowonto Dan Sekitarnya”, Jurnal Bumi Indonesia, vol. 4, no. 4, pp. 1 – 9, November, 2015.
  5. Folk, R. L., dan W. C. Ward, “Brazos River bar, a study in the significance of grainsize parameters. Journal of Sedimentary Petrology”, vol. 27, pp. 3-26, Maret, 1957.
  6. Folk, R. L., Petrology of Sedimentary Rocks, Austin, Texas, Hemphill Publishing Company, 1974.