Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan orangtua dalam aktivitas literasi baca anak kelompok B di Gugus I Kamboja Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orangtua dari anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Gugus I Kamboja yang berjumlah 320 orangtua, teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling sebanyak 48 orangtua. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan orangtua dalam aktivitas literasi baca anak dikategorikan cukup. Keterlibatan orangtua pada aspek letter knowledge 2,96 berada pada kategori cukup, pada aspek print awareness 2,82 berada pada kategori cukup, pada aspek print motivation 2,47 berada pada kategori cukup, pada aspek phonological awareness 3,34 berada pada kategori baik dan pada aspek vocabulary 3,06 berada pada kategori baik. Hasil ini bermakna bahwa keterlibatan orangtua dalam aktivitas literasi baca anak adalah cukup, artinya sebagian orangtua sudah melakukan kegiatan mengajarkan anak dalam pemahaman kosa-kata, kesadaran akan tulisan atau simbol cetak, kemampuan bercerita, dan memiliki kesadaran fonologis cukup baik. Perlu distimulasikan lagi untuk lebih tertarik terhadap buku atau benda cetak agar kelak dapat mudah belajar di tingkat selanjutnya.

Keywords

Keterlibatan Orangtua Literasi Baca Anak

Article Details

How to Cite
Ananda, R., Suryadi, D., & Wembrayarli, W. (2021). KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM AKTIVITAS LITERASI BACA ANAK KELEMPOK B. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 70. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14744