Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial di TK Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru yang mengajar di TK Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dengan jumlah populasi 32 orang guru. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial di TK Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dalam kategori baik. Guru sudah menanamkan pendidikan karakter peduli sosial kepada anak, sekolah sudah membuat program sosial untuk melatih anak memiliki rasa kepedulian terhadap sesama, guru juga menyediakan fasilitas untuk anak belajar menyumbang, berupa infaq, pakaian layak pakai, guru membiasakan kepada anak untuk berempati kepada sesama teman, dan bergotong royong membersihkan sampah di lingkungan sekolah
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).