Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial di TK Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru yang mengajar di TK Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dengan jumlah populasi 32 orang guru. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial di TK Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dalam kategori baik. Guru sudah menanamkan pendidikan karakter peduli sosial kepada anak, sekolah sudah membuat program sosial untuk melatih anak memiliki rasa kepedulian terhadap sesama, guru juga menyediakan fasilitas untuk anak belajar menyumbang, berupa infaq, pakaian layak pakai, guru membiasakan kepada anak untuk berempati kepada sesama teman, dan bergotong royong membersihkan sampah di lingkungan sekolah

 

Keywords

Pendidikan Karakter Peduli Sosial

Article Details

Author Biography

Krisna Juita, Pendidikan Guru PAUD FKIP UNIB

Pendidikan Guru PAUD FKIP UNIB
How to Cite
Juita, K., Riyanto, R., & Suryadi, D. (2021). PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI TK SEKECAMATAN MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 81. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14842