Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict-Observe-Explain Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar Pada Konsep Fluida Statis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dan studi literatur yang nantinya bisa menjadi dasar dalam penelitian pengembangan selanjutnya. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data menggunakan statistik deskripsi. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa saat ini siswa membutuhkan LKPD berbasis Predict-Observe-Explain berbantuan Augmented Reality. Hal ini di dasarkan data yang diperoleh bahwa 71,43 % siswa menjawab Setuju diperlukannya pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict-Observe-Explain Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict-Observe-Explain Berbantuan Augmented Reality perlu dikembangkan untuk memberikan alternatif perangkat pembelajaran yang diberikan sebelumnya dan untuk melihat kefektifan perangkat pembelajaran tersebut jika digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran berupa LKPD berbasis POE berbantuan Augmented Reality ini nantinya penting dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0.

Article Details

How to Cite
Sari, O. B. M., Risdianto, E., & Sutarno, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Poe Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar pada Konsep Fluida Statis. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 85–93. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.85-93

References

  1. Anggraini, S. A., Lesmono, A. D., & Handono, S. (2017, September 24). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis POE Materi Gerak Harmonis Sederhana di MAN. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017, 2, 1. Dipetik Oktober 20, 2019
  2. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Asrizal, Festiyeed, & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1.
  4. Bakri, F., R, R., & Mulyaningsih, R. (2015). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) . Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 67.
  5. Efendhi, & Elvas. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Jurnal Khusu. Jurnal Pendidikan Akutansi, 1.
  6. Hairudin, Herdini, & Linda, R. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Pesrta Didik Berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk Menunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Kimia SMA Pokok Bahasan Koloid. 2.
  7. Mustaqim, I. (2016, Juli). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174. Dipetik Oktober 20, 2019
  8. Ningrum, I. E., & Suparman. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berpendekatan Kontekstual. 698.
  9. Putri, D. H., Risdianto, E., & Sutarno. (2017). Identifikasi Keterlaksanaan Pratikum Fisika SMA dan Pembekalan Keterampilan Abad 21. 115.
  10. Putri, D. S., Nyeneng, I. D., & Wahyudi, I. (2018, Juli 20). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict Observe Explain Pada Mata Pelajaran Fisika SMP. 162.
  11. Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Adobe Captivate pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 113.
  12. Risdianto, E. (2018). Development of Blended Learning Based on Web and Augmented Reality. 145.
  13. Siahaan, A. D., Medriati, R., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Penuntun Pratikum Fisika Dasar II Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Rangkaian Listrik dan Optik Geometris. Jurnal Kumparan Fisika, 92.
  14. Sugiyono. (2010). Metode Pnelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  15. Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta.
  16. Sukardi. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
  17. Sulistyorini, S., Harmanto, Abidin, Z., & Jaino. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) TematikTerpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Literasi Siswa SD di Kota Semarang. Jurnal Kreatif, 139.
  18. Wibisono, E. K. (2011). Implementasi Aplikasi Augmented Reality sebagai Alat Peraga Dalam Pelajaran Fisika Materi Tata Surya. 13.
  19. Yudhi, P. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Realistics Mathematics Education (RME) Pada Materi FEB dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 144.
  20. Yulia, I., Connie, & Risdianto, E. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Pengusaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 64.