Main Article Content

Abstract

Tuntutan kurikulum 2013 dan terbatasnya data mengenai kesadaran metakognitif di sekolah mendorong peneliti unuk menggali dan mengidentifikasi mengidentifikasi kesadaran metakognitif siswa kelas X di salah satu SMA islam di kota Jambi.  Penelitian menggunakan rancangan penelitian mixed methods research design dengan pendekatan sequential eksplanatori. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMA islam di kota Jambi dengan jumlah 90 siswa. Pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan Angket kesadaran metakognitif yang diadaptasi dari angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dengan dua indikator alat ukur yakni pengetahuan tentang kognisi dan regulasi kognisi. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket Metacognitive Awareness Inventory (MAIpada pembelajaran fisika dan wawancara terhadap beberapa siswa untuk memperkuat data angket. Analisis hasil penelitian dengan menganalisis hasil angket dan wawancara yang selanjutnya dideskripsikan secara kualitatif dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa pengetahuan metakognitif  secara umum terkategori baik yang mencakup pengetahuan deklaratif  dengan presentase 70%, pengetahuan prosedural 53,33%, dan pengetahuan kondisional 60%. Hasil pada data Regulasi kognisi secara umum disimpulkan baik yang terdiri dari perencanaan dengan presentase 60%, management informasi 53,33%, pemantauan terhadap pemahaman 56,66%, strategi tindakan (debugging strategies) dengan presentase 53,33%,  dan evaluasi (evaluating) dengan presentase 73,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dimaknai bahwa siswa dapat mengetahui tentang diri sebagai pelajar dan mampu menanggulangi kelemahan atau kekuranganya dalam proses belajar. Gambaran tersebut menggambarkan bahwa siswa dapat menyusun strategi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran.

 

Article Details

Author Biographies

Rendy Wikrama Wardana, Universitas Bengkulu

Google Scholar

Anggun Prihatini, MAS Muhamadiyah Talu, Sumatera Barat

M. Hidayat, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jambi

How to Cite
Wardana, R. W., Prihatini, A., & Hidayat, M. (2020). Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.1-9

References

  1. Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Flavell, J. H. (1979). Metacognition And Cognitive Monitoring: A New Area Of Cognitive–Developmental Inquiry. American Psychologist, 34(10), 906.
  3. Haryanti, D. (2013 ). Memperbaiki Pengetahuan Dan Kemampuan Prosedural Siswa Melalui Metode Penugasan Berbasis Kesalahan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2 (2).
  4. Indarini, E., Sadono, T., & Onate, M. E. (2013). Pengetahuan Metakognitif Untuk Pendidik Dan Peserta Didik. Satya Widya, 29(1), 40-46.
  5. Iskandar, S. M. (2016). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio (Journal Of Educational Innovation), 2(2), 13-20.
  6. Kadir, K. (2017). Meningkatan Metakognisi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Asesmen Kinerja Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 7(3).
  7. Livingston, J. A. (2003). Metacognition: An Overview.
  8. Lockl, K., & Schneider, W. (2007). Knowledge About The Mind: Links Between Theory Of Mind And Later Metamemory. Child Development, 78(1), 148-167.
  9. Niedringhaus, K. L. (2010). Teaching Better Research Skills By Teaching Metacognitive Ability. Perspectives: Teaching Legal Research And Writing, 18(2), 113-118.
  10. Nulhakim, L. (2013). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Yang Dikembangkan Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Universitas Pendidikan Indonesia.
  11. Nurmalasari, L. R., Winarso, W., & Nurhayati, E. (2015). Pengaruh Kemampuan Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smp Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Nusantara Of Researc, 02(02).
  12. Paipinan, M. (2015). Profil Metakognisi Mahasiswa Calon Guru Matematikadalam Menyelesaikan Masalah Terbuka Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(1).
  13. Permendikbud, L. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
  14. Pujiank, S., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2016). Kemampuan Metakognisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10).
  15. Rahman, S., & Arul, P. J. (2006). Hubungan Antara Kesedaran Metakognisi, Motivasi Dan Pencapaian Akademik Pelajar Universiti. Jurnal Pendidikan Malaysia (Malaysian Journal Of Education), 31, 21-39.
  16. Romli, M. (2012). Strategi Membangun Metakognisi Siswa Sma Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2/Septembe).
  17. Saripudin, A. (2007). Metakognisi Dan Peran Serta Implikasinya Bagi Pembelajaran Membaca. Jurnal Lingua, Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 183-191.
  18. Schraw, G., & Dennison, R. (1994). Assessing Meta-Cognitive Awareness. Contemporary Educa-Tional Psychology Development Of The Comprehensive Learning, 19, 460-475.
  19. Sumadyo, M., & Purwantini, L. (2018). Penilaian Kemampuan Metakognitif Siswa Sma Dengan Menggunakan Algoritma K-Means. Paper Presented At The Prosiding Seminar Nasional Energi & Teknologi (Sinergi).
  20. Sumampouw, H. M. (2011). Keterampilan Metakognitif Dan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Genetika (Artikulasi Konsep Dan Verifikasi Empiris). Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 23-39.
  21. Tamsyani, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kesadaran Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sma Dalam Materi Pokok Asam Basa. Journal Of Educational Science And Technology (Est), 2(1), 10-25.
  22. Tanti, N., Widada, W., & Haji, S. (2018). Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi Etnomatematika Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1).
  23. Untu, Z., Yuwono, I., Parta, I. N., & Sisworo, S. (2018). Kesalahan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Di Tinjuau Dari Pengetahuan Deklaratif. Jurnal Pendidik Indonesia (Jpin), 1(1).
  24. Wilson, D. D., & Conyers, M. (2016). Teaching Students To Drive Their Brains: Metacognitive Strategies, Activities, And Lesson Ideas. Usa: Ascd.