Main Article Content

Abstract

Jenis masalah dalam membelajarkan siswa beraneka ragam, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Dalam memecahkan jenis masalah, siswa tidak dapat melakukannya sendiri melainkan perlu dilatihajarkan oleh guru. Upaya yang dapat dilakukan guru agar hal ini tercapai yakni dengan memberikan bantuan (scaffolding). Scaffolding merupakan bantuan yang diberikan guru kepada siswa untuk memecahkan  permasalahan dalam proses pembelajaran. Selain Scaffolding, dalam memecahkan jenis masalah kompleks, pengoptimalan kemampuan berpikir tingkat tinggi juga diperlukan dalam meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran. Tidak terkecuali pada pembelajaran kimia. Dengan diberikannya scaffolding  dalam bahan belajar kimia, diharapkan konsep materi kimia yang bersifat abstrak akan lebih mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survey melalui kuisioner dan wawancara bersama guru dan siswa yang berasal dari tiga sekolah berbeda di Jambi. data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa siswa belum terbiasa memecahkan jenis masalah kompleks begitu juga dengan guru yang belum terbiasa mengorganisasikan bentuk scaffolding yang ideal digunakan dalam bahan belajar pada pembelajaran kimia. Maka dari itu, penting dan perlu dilakukan pengembangan bahan belajar berbasis masalah yang dilengkapi scaffolding guna meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Article Details

How to Cite
Fajriani, R. W., Naswir, M., & Harizon, H. (2021). Pemberian Scaffolding dalam Bahan Belajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 108–114. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.108-114

References

  1. Belland, Brian R. (2017). Instructional Scaffolding In STEM Education Strategies And Efficacy Evidence. USA: Springer opent.
  2. Brookhart, Susan M. (2010). How to Assess Higher Order Thinking skills In your Classroom. Virginia USA: Alexandria.
  3. Haryati, T., Gusti, D. R., Hasibuan, M. H. E., & Rusdi, M. (2020). Implementation of Scaffolding in Project Based Learning Model to Improve Skills of Science Process in Buffer Solution Material. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 5(2), 187-200.
  4. Jonassen, David H. (2011). Learning to Solve Problems. San Fransisco: Pfeiffer.
  5. Lestari, D. I. (2019). Analisis Keterlaksanaan Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran Larutan Asam Basa Terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 3(1), 1-7.
  6. Nugroho, Arifin. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Grasindo.
  7. Pucangan, A. S. N. A., Handayanto, S. K., & Wisodo, H. (2018). Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1314-1318.
  8. Puspitaningsih, F., Wartono, W., & Handayanto, S. K. (2018). Pengaruh PBL dengan Scaffolding Prosedural terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Kemampuan Tinggi dan Rendah Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 898-902.
  9. Sani, Ridwan A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: TSmart.
  10. Tiaradipa, S., Lestari, I., Effendi, M. H., & Rusdi, M. (2020) The Development of Scaffolding in Inquiry-Based Learning to Improve Students' Science Process Skills in The Concept of Acid and Base Solution. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 5(2), 211-221.
  11. Tindangen, Makrina. (2018). Inquiry Based-Learning Model To Improve Higher Order Thinking Skills. Canadian Center Of Science And Education, 18(7), 39-46.
  12. Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: bumi aksara.
  13. Widiawati, L., Joyoatmojo, S., & Sudiyanto, S. (2018). Higher Order Thinking Skills as Effect of Problem Based Learning in the 21st Century Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 96-105.
  14. Yuriev, E., Naidu, S., Schembri, L. S., & Short, J. L. (2017). Scaffolding the development of problem-solving skills in chemistry: guiding novice students out of dead ends and false starts. Chemistry Education Research and Practice, 18(3), 486-504.