Main Article Content

Abstract

 

Mata pelajaran Fisika masih sulit dipahami siswa SMA, termasuk pada materi Gerak Lurus. Sebagai contoh, siswa menganggap bahwa sebuah bolpoin yang dijatuhkan di atas lantai merupakan contoh gerak jatuh bebas. Menurut konsep Fisika, pada peristiwa gerak jatuh bebas, benda yang bergerak hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan benda berada dalam keadaan tidak setimbang. Sementara saat bolpoin dijatuhkan, gaya yang berpengaruh tidak hanya gaya gravitasi saja, tetapi juga gaya dari tangan siswa. Ketidaksesuaian antara anggapan siswa dengan konsep Fisika tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami apa yang disebut miskonsepsi. Miskonsepsi ini penting untuk diidentifikasi dengan tes diagnostik konsepsi agar segera dibenahi. Namun sayang, tes diagnostik konsepsi yang terstandar belum tersedia. Makalah ini dimaksudkan untuk melaporkan hasil pengembangan tes diagnostik konsepsi lima tingkat untuk materi Gerak Lurus, menguji validitas dan reliabilitas serta uji coba terbatas kepada sejumlah siswa. 13 butir soal yang valid dan reliabel diperoleh sehingga siap diuji cobakan. Uji validitas internal memperoleh 94% (valid). Validitas eksternal terdiri dari validitas isi dan konstruk. Validitas isi instrumen dinyatakan valid karena nilai false positive (FP) dan false negative (FN) = 3,27% dan 8,22%. Validitas empiris konstruk ditentukan berdasarkan Pearson product moment dan reliabilitas dengan Alpha Cronbarch dengan rtabel = 0,388 (taraf signifikansi 5%) diperoleh rxy=0,549 dan r11=0,747. Hasil uji coba terbatas menyarankan bahwa sebagian besar siswa mengalami lack of knowledge.

Article Details

Author Biography

Indah Putri Maulidya Sari, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Fisika, FMIPA, UNESA.
How to Cite
Sari, I. P. M., & Ermawati, F. U. (2021). Instrumen Tes Diagnostik Konsepsi Lima Tingkat pada Materi Gerak Lurus: Pengembangan, Uji Validitas dan Reliabilitas serta Uji Coba Terbatas. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 152–162. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.152-162

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Adi dan Oktaviani. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Miskonsepsi Siswa SD Pada Materi Life Processes And Living Things. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. 6, (1),91-104.
  3. Amin, Nasihun, Wiendartun, & Samsudin A. (2016). Analisis Intrumen Tes Diagnostik Dynamic-Fluid Conceptual Change Inventory (DFCCI) Bentuk Four-Tier Test pada Beberapa SMA di Bandung Raya. Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran. Prosiding SNIPS 2016.
  4. Anam, Rif’at S., Widodo A., Sopandi W., & Hsin-Kai Wu.(2019). Developing a five-tier diagnostic test to identify students’ misconceptions in science: an example of the heat transfer concepts. Journal of Elementary Education Online, 18(3), 1014–1029.
  5. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik: Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  6. Bayuni, T. C., Sopandi, W., & Sujana, A. (2018). Identification misconception of primary school teacher education students in changes of matters using a five-tier diagnostic test. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1).
  7. Dikmenli, M. (2010). Misconceptions of cell division held by student teachers in biology: A drawing analysis. Journal of Scientific Research and Essay, 5(2), 235- 247.
  8. Fajriyyah & Ermawati. (2020). The Validity And Reliability Of Five-Tier Conception Diagnostic Test For Kinetic Theory Of Gases. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 9(2), 126-132.
  9. Halliday & Resnick. (2011). Fundamental of Physics. John Wiley & Sons, Inc.
  10. Jannah & Ermawati. (2019). Identify 11th Grade of Senior High School Jogoroto students’ misconceptions on Dynamic Rotation and Rigid Body Equilibrium concepts using Four-Tier Diagnostic Test. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1).
  11. Kaltakci-Gurel, D., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students’ Misconceptions in Science. EURASIA Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(5), 989 - 1008.
  12. Kirbulut & Geban. (2014). Using Three-tier Diagnostic Test to Assess Students’ Misconceptions of States of Matter. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 509-521.
  13. Köse, S. (2008). Diagnosing Student Misconceptions: Using Drawings as a Research Method. World Applied Science Journal, 3(2), 283-293.
  14. Kurniawati & Ermawati F.U. (2019). Analysis Students’ Conception Using Four-Tier Diagnostic Test for Dynamic Fluid Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1).
  15. Pujianto Agus, Nurjannah, dan Darmadi, I Wayan. (2013). Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadaluko (JPFT). Vol 1, No.1.
  16. Qonita & Ermawati. (2020). The Validity and Reliability of Five Tier Diagnostic Test for Vector Conception. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 9(3), 459-465.
  17. Riduwan & Akdon. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
  18. Salsabila & Ermawati. (2020). Validity And Reliability Of Conception Diagnostic Test Using Five-Tier Format For Elasticity Concepts. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 9(2), 439-446.
  19. Serway. (2004). Phyisics for Scientist and Engineers. New York: PearsonAddison Wesley.
  20. Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik. Jakarta: Rajawali Pers.
  21. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  22. Tyndall, E. P. T. (2013). College Physics in Science. OpenStax College: Texas.
  23. Yolanda, Yospin. (2017). Remidiasi Miskonsepsi Kinematika Gerak Lurus Dengan Pendekatan STAD. Science and Physics Education Journal (SPEJ). 1(1).
  24. Young & Freedman. (2013). University Physics with Modern Physics 13th edition. New York: PearsonAddison Wesley.