Main Article Content

Abstract

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen berupa angket kerja keras dan soal pilihan ganda materi fisika. Adapun, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh karakter kerja keras terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Kota Jambi tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan program SPSS dengan melakukan pengujian normalitas, korelasi, dan juga regresi linear sederhana. Dapat di lihat hasil signifikansi pada uji korelasi karakter kerja keras terhadap hasil belajar fisika didapatkan 0,000. Dari hasil tersebut dapat di lihat bahwa 0,000 < 0,05 yang artinya kedua variabel berkorelasi. Kemudian, ditinjau pada pearson correlation didapatkan hasil 0,927 yang berarti derajat hubungan atau nilai pearson correlation masuk pada kategori korelasi sangat kuat. Artinya, tingkat kerja keras siswa dalam mata pelajaran fisika sangat berhubungan dan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kemudian, dilakukan pula uji regresi linear sederhana dengan hasil analisis diperoleh persamaan regresi Y = -3,33 + 0,943 X . t hit = 15,235 dan p-value = 0,000 / 2 = 0,000 <0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara karakter kerja keras terhadap hasil belajar siswa, khususnya pada aspek kognitif.

Article Details

How to Cite
Setiya Rini, E. F., Fitriani, R., Matondang, M. M., Yolviansyah, F., Putri, N. D., Agatha, F. L., & Lolita, N. (2021). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 1 Kota Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 256–261. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.256-261

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Al Munawwarah, A., & Arafah, K. (2018). PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 8 MAKASSAR. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 14(1).
  3. Ariani, T. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Di SMP Negeri Air Lesing. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 14(2).
  4. As’ari, Ruli. (2018). Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Melestarikan Lingkungan Hubungannya dengan Perilaku Menjaga Kelestarian Kawasan Bukit Sepuluh Ribu di Kota Tasikmalaya. Jurnal GeoEco. 4(1).
  5. Fitriani, R., Kholilah, K., Rini, E. F. S., Pratiwi, M. R., Safitri, H., Syiarah, H., & Ramadhanti, A. (2021). Analisis Karakter Kerja Keras Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Kota Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 188-194.
  6. Idris, N. W. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1)
  7. Kadir. (2015). Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
  8. Katemba, Petrus & Djoh, Rosita K. Prediksi Tingkat Produksi Kopi menggunakan Regresi Linear. Jurnal ilmiah FLASH. 3(1).
  9. Kurniawan, D. A., & Astalini, A. (2019). Evaluasi sikap siswa smp terhadap ipa di kabupaten muaro jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 124-139.
  10. Lasmita, L., & Kartina, L. (2019). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Fisika Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Muaro Jambi. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 15-23.
  11. Layuk, F. P. (2020). PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SMA NEGERI 9 MAKASSAR. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1).
  12. Mafudiansyah, M. (2020). ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 3MAKASSAR. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1).
  13. Mangamar, M., & Oksaputra, M. F. (2019). Analisis Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas VIII E dan VIII I SMPN 1 Kota Jambi. Jurnal Profesi Keguruan, 5(2), 137-140.
  14. Martawijaya, M. A., Jabir, J., & Azis, A. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(1).
  15. Marzuki, M., Azis, A., & Sari, S. S. (2020). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAKASSAR. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1).
  16. Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa sma negeri 1 uluiwoi kabupaten kolaka timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 17-26.
  17. Pratomo, Y. I. F., & Setyowati, K. (2016). Kepuasan Pengguna Layanan Kesehatan RSUD Kota Surakarta (Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Kota Surakarta). Jurnal Wacana Publik, 1(2), 11-23.
  18. Putra, D. S., & Wiza, O. H. (2019). Analisis Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 299-311.
  19. Putri Pratiwi, Taufanny. (2018). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Fisika di SMA Kemala Bhayangkari 01 Surabaya. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2).
  20. Quanti, Prita. (2017). Pengembangan LKPD materi pokok Fluida Dinamis berbentuk Mini Majalah untuk Meningkatkan Prestasi dan Menumbuhkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Skripsi, Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
  21. Ramadhan, P. R. (2019). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan terhadap Kualitas Penyajian Laporan Keuangan pada Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai. In Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1),147-153.
  22. Rini, E. F. S., Wibisono, G., Ramadhanti, A., Simamora, N. N., & Chen, D. (2020). Pengaruh Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(2), 256-263.
  23. Sappaile, B. I. (2007). Pembobotan Butir Pernyataan Dalam Bentuk Skala Likert Dengan Pendekatan Distribusi Z. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(64), 1-8.
  24. Sari, C. E. (2020). IDENTIFIKASI SIKAP ILMIAH DALAM MELAKUKAN PRAKTIKUM FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMAN 12 MAKASSAR. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1).
  25. Sari, N. (2020). Hubungan Kerja Keras dengan Sikap Siswa dalam Mata Pelajaran IPA di SMP se-Kecamatan Muara Bulian. Science Education Journal. 3(2), 101-111.
  26. Sarlin, M. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa terhadap PERubahan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 1(1).
  27. Silahuddin, S. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 18-41.
  28. Thahir, F., Herman, H., & Khaeruddin, K. (2019). KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 24 BONE. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(1).
  29. Wijaya, P.A., Jasaruddin, J., & Arafah, K. (2019). Kemampuan Peserta Didik Kelas X dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kognitif Tipe Menganalisis dan Mengevaluasi pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(1).