Main Article Content

Abstract

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis adalah suatu dasar dari pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran daring (dalam jaringan) fisika SMA berbasis Probing Promting untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan Pre-Eksperimental Design dengan uji coba One Group Pretest Posttest Design, dengan peserta didik kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Taman tahun ajaran 2020/2021 sebagai subjek penelitian. Untuk pengumpulan data menggunakan tes dan angket yang diisi peserta didik, dengan cara analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif serta interferensial. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran daring (dalam jaringan) fisika SMA berbasis Probing Promting efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Taman. Hal tersebut ditinjau dari (a) Ada peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang signifikan, (b) nilai rerata n-gain berkategori tinggi, (c) tidak ada perbedaan peningkatan dari keterampilan berpikir kritis peserta didik kedua kelas. Dengan ini, pembelajaran daring (dalam jaringan) berbasis Probing Promting dapat dijadikan salah satu masukan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Kata kunci: Keefektifan; Keterampilan berpikir kritis; Probing Promting; Pembelajaran Daring.

Article Details

How to Cite
Adilla, I. N., & Jatmiko, B. (2021). Keefektifan Pembelajaran Daring Fisika SMA berbasis Probing Promting untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 426–435. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.426-435

References

  1. Heong, Y. M., Yunos, J. M., Hassan, R. B., Othman, W. B., Kiong, T. T. (2011). The Perception of The Level of Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Conference on Social Science and Humanity journal, 281-285.
  2. Hidayatullah, A. P., Raga, G., & Mahadewi, P. L. (2014). Pengaruh Model Probing-Promting terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
  3. Kariani, Putra, S., & Ardana. (2014). Model Problem Based Learning Menggunakan Metode Probing-Promting Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
  4. Kemendikbud. (2020). Surat Edaran No 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19).
  5. Latifa, B. R., Verawati, N. N., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Eleboration, & Evaluate) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 61-67.
  6. Megasari, Sundaryono, A., & Firdaus, M. (2018). Pembelajaran probing promting untuk meningkatkan berpikir kritis siswa anggota kelompok ilmiah remaja. PENDIPA Jornal of Science Education, 163-169.
  7. Pratiwi, R., Hikmawati, & Gunada, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 213-220.
  8. Ratumanan, G. T., & Laurens. (2011). Evaluasi Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
  9. Salam, B. (2002). Pengantar pendagogik (dasar-dasar ilmu mendidik). Jakarta: PT Rineka Cipta.
  10. Siahaan. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73-80.
  11. Suherman. (2001). Pembelajaran Probing Promting. Retrieved Februari 2021, from Math Face: http://ayuface.wordpresss.com
  12. Susanti, & Elsa. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Promting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Krritis Matematis Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 96-107.
  13. Yeritia, S., Wahyudi, & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 181-187.