Main Article Content

Abstract

Pengembangan e-modul IPA berbasis Adobe Flash pada tema makananku kesehatanku untuk kelas VIII SMP ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kevalidan e-modul IPA berbasis Adobe Flash yang telah dibuat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model 4D modifikasi dari Triyanto (2012) dengan dibatasi menjadi tiga tahapan. Adapun tahapan nya yaitu, tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design),  dan tahap pengembangan (Develop). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan pada e-modul IPA berbasis Adobe Flash tema makananku kesehatanku untuk kelas VIII SMP memperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 95,4% dengan kariteria sangat valid.

Article Details

Author Biographies

Ayunda Putri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA

Sjaifuddin Sjaifuddin, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA

Liska Berlian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA
How to Cite
Putri, A., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2021). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash Pada Tema Makananku Kesehatanku Untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 143–150. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.143-150

References

  1. Abi Hamid, M., Yuliawati, L., & Aribowo, D. (2020). Feasibility Of Electromechanical Basic Work E-Module As A New Learning Media For Vocational Students. Journal of Education and Learning (EduLearn). Vol. 4, No. 2, Hal:199-211
  2. Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktek Teknologi Multimedia Dan Pembelajaran Online. Bandung: PT remaja rosdakarya.
  3. Depdiknas. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas
  4. Fogarty, R. (1991). The Mindful School How To Integrate The Curricula. IRI.
  5. Hasanah. N. R. dan Dewi. U. (2012). Pengembangan Media Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Kalor dan Perpindahannya di Kelas VII G SMPN 34 Surabaya. Jurnal pendidikan. Vol. 1, No. 1, Hal: 0 - 216.
  6. Hasanah dan Nulhakim. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 1, No. 1, Hal: 91-106
  7. Nugraheni, N. E., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Tema Barbeque Kelas VII SMP Negeri 1 Talangmangu. Jurnal Inkuiri, Vol. 4, No. 4, Hal: 43–53
  8. Pakpahan, R., & Fitriyani, Y. (2020). Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, Vol. 4, No. 2, Hal: 30-36.
  9. Riduawan.(2012). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  10. Sanjaya, W., (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  11. Setiawan, A. R. (2011). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Jurnal Edukatif. Vol. 2, No. 1, Hal: 28-37.
  12. Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Educational Science And Technology (EST), Vol. 3, No. 2, Hal: 102-112.
  13. Setyowati, R., Parmin, R., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan modul IPA berkarakter peduli lingkungan tema polusi sebagai bahan ajar siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal. Vol. 2, No. 2.
  14. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
  15. Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi” berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 3, No. 2, Hal: 122-575.
  16. Triyanto, (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada. Media Grup.
  17. wulandari, Y., & , Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3, Hal: 162-172.