Main Article Content

Abstract

Hingga awal 2021, terdapat 12 misi perdamaian PBB yang dilaksanakan di bawah Department of Peace Operations. Namun demikian, tidak semua misi perdamaian yang pernah dilakukan oleh PBB berhasil. Salah satu contoh misi perdamaian PBB yang dinilai gagal adalah misi United Nations Operation in Somalia (UNOSOM) I (1992-1993) dan II (1993-1995). Salah satu penyebab kegagalan misi UNOSOM adalah karena misi tersebut tidak dapat menjawab tantangan berupa perbedaan kebudayaan yang ada, baik antar peacekeeper maupun dengan warga lokal. Penelitian ini dilakukan untuk mengelaborasi upaya untuk meningkatkan kecerdasan lintas budaya dan ketahanan bagi peacekeeper dan keluarganya agar misi-misi yang akan dilaksanakan oleh mereka di masa depan dapat menghasilkan outcome yang lebih baik daripada sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa kecerdasan budaya dan kompetensi budaya merupakan dua kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peacekeeper yang bertugas di lingkungan budaya yang berbeda. Di sisi lain, potensi peacekeeper terpapar stress selama penugasan di wilayah konflik dan dampak negatif yang mungkin dialami keluarga peacekeeper selama ia ditugaskan juga perlu menjadi perhatian, baik bagi PBB maupun negara-negara pengirim peacekeeper. Baik upaya peningkatan kecerdasan budaya, kompetensi lintas budaya hingga ketahanan peacekeeper dan keluarganya dapat dilakukan dengan pelatihan-pelatihan. Namun demikian, diperlukan komitmen dan kemauan politik yang kuat dari para stakeholder terkait agar pelatihan-pelatihan ini dapat dilaksanakan dengan sistematis, komprehensif dan berkesinambungan untuk mendukung berbagai misi perdamaian yang masih dan akan dilaksanakan oleh PBB.

Article Details

Author Biography

Nour Zattullah, Universitas Pertahanan

Program Studi Damai dan Resolusi Konflik
How to Cite
Firdaus, A., & Zattullah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Budaya, Kompetensi Lintas Budaya dan Ketahanan bagi Peacekeeper dalam Misi Perdamaian PBB. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 169–176. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.169-176

References

  1. Cheng, C.-Y., Mor, S., & Morris, M. (2010). Global Identity and Expanded Cultural Cognition as Antecedents for Global Leadership. Academy of Management Journal, 1-37.
  2. Duffey, R. (2000). Cultural Issues in Contemporary Peacekeeping. International Peacekeeping, 142-168.
  3. Ho-Won, J. (2008). Understanding Conflict and Conflict Analysis. London: Sage Publications.
  4. Huntington, S. (1996). Clash of Civilization. New York: Simon & Schuster.
  5. Kwantes, C. T., & Glazer, S. (2017). Cross-Cultural Competence and Cultural Intelligence in the Workplace. Culture, Organizations, and Work, 95-101.
  6. Lamerson, C. D., & Kelloway, E. K. (1996). Towards a Model of Peacekeeping Stress: Traumatic and Contextual Influences. Canadian Psychology, 195-204.
  7. Li, M. (2020). An Examination of Two Major Constructs of Cross-Cultural Competence: Cultural Intelligence and Intercultural Competence. Elsevier, 1-6.
  8. Miall, H., Ramsbotham, O., & Woodhouse, T. (2011). Contemporary Conflict Resolution. Cambridge: Polity.
  9. Moldjord, C., Fossum, L. K., & Holen, A. (2003). Coping with Peacekeeping Stress. In T. W. Britt, & A. B. Adler, The Psychology of The Peacekeeper: Lesson from the Filed (pp. 169-184). London: Praeger.
  10. Murray, L. (2021, April 10). UNOSOM. Retrieved from Encyclopaedia Britannica: https://www.britannica.com/topic/UNOSOM
  11. Ng, K. Y., Ramaya, R., Teo, T. M., & Wong, S. F. (2005). Cultural Intelligence: Its Potential for Military Leadership Development. International Military Testing Association, (pp. 1-14). Singapore.
  12. Nye, J., & Welch, D. A. (2017). Understanding Global Conflict and Cooperation. Boston: Charlyce Jones Owen.
  13. Saltzman, W. R., Lester, P., Beardslee, W. R., Layne, C. M., Woodward, K., & Nash, W. P. (2011). Mechanisms of Risk and Resilience in Military Families: Theoretical and Empirical Basis of a Family-Focused Resilience Enhancement Program. Clin Child Fam Psychol Rev, 213-230.
  14. Selmeski, B. R. (2007). Military Cross-Cultural Competence: core concepts and individual development. US Air Force Culture and Language Center, 1-41.
  15. United Nations. (2021, April 10). Where we operate. Retrieved from United Nations Peacekeeping: https://peacekeeping.un.org/en/where-we-operate