Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika, sekaligus mengetahui permasalahan yang terjadi dan menjadi kendala siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi adalah seluruh peserta didik SMK TI Bali Global Denpasar yang mendapat mata pelajaran matematika menggunakan metode daring. Sampel penelitian adalah 66 siswa kelas X RPL yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan aplikasi Google form, dan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Penilaian efektivitas dalam penelitian ini memakai indikator kepuasan dan pemahaman siswa dalam pelaksanaan pembelajaran online. Dari indikator kepuasan didapatkan hasil 37,9% merasa cukup puas, 27,7% menjawab puas, dan 7,6% menjawab sangat puas, dan hanya 25,8% menjawab kurang puas dan 6,1% menjawab sangat tidak puas. Dilihat dari indikator pemahaman siswa bahwa, 43,9% menyatakan setuju dengan pernyataan bahwa pembelajaran daring mudah untuk dimengerti, dan 13,6% menjawab sangat setuju. Disisi lain sebanyak 33,3% menyatakan tidak setuju dan sebanyak 9,1% menyatakan sangat tidak setuju. Untuk permasalahan yang dihadapi siswa , 68,2% menjawab kendala quota untuk internet dan 22,7% menjawab permasalahan sinyal atau koneksi internet yang buruk. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran online dengan sistem daring di SMK TI Bali Global Denpasar berjalan dengan cukup efektif. Namun demikian perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran harus terus dilakukan dan poin yang menjadi permasalahan siswa harus dicari solusinya, sehingga efektivitas pembelajaran menjadi semakin lebih baik kedepannya.

Article Details

How to Cite
Krisna, E. D., & Suryati, K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Online Di SMK TI Bali Global Denpasar Pada Masa Pandemi Covid-19. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 209–217. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.209-217

References

  1. Auliya, R. N. 2016. Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748.
  2. Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/
  3. Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. 2015. The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510
  4. Hanum, N. S. 2013. Keefetifan E-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
  5. Kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. 2017. UU No 20 Tahun2003. http://kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional diakses 7 januari 2020
  6. Krisna, E. D dan Marlinda,M .2020. Implementasi Problem Based Learning berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi. PENDIPA Journal of Science Education, 2020: 4(3), 91-97 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/12447/6211
  7. Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65
  8. Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(2), 20–35.
  9. Situmorang, Adi . 2020. Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar. Sepren: Jurnal of Mathematics Education, Vol 2 No 1 (2020): September 2020 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/351
  10. Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  11. Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB) Nomor 50/2020 tentang Perubahan Kedua atas Surat Edaran Menteri PAN & RB Nomor 19/2020.
  12. Widiyarso,TH. 2021. Efektifitas Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran E-Learning Bagi Guru Selama Pandemi Covid-19. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan dan ilmu pengetahuan , Vol 21 no 1 (2021). http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/5283
  13. World Health Organization. Covid-19 Weekly Epidemiological Update, 21 March 2021