Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan contextual teaching learning untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik pada tema global warming. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengadopsi prosedur penelitian dari sugiono yang dimodifikasi dan memiliki beberapa tahapan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk dan validitas produk. Instrument yang digunakan adalah berupa lembar angket. validasi yang terdiri dari validasi ahli materi diantaranya aspek yang dinilai adalah aspek materi/isi, aspek bahasa, aspek penyajian dan validasi ahli media terdiri dari aspek media/kegrafikan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan tingkat validasi lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan contextual teaching learning untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik pada tema global warming dilihat dari secara keseluruhan termasuk kedalam  kategori sangat valid dengan nilai 82% dari penilaian para ahli.

Article Details

How to Cite
Novita, N., Noer Hodijah, S. R., & Taufik, A. N. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Tema Global Warming. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 278–284. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.278-284

References

  1. Burhanudin. T. R. (2016). Pendidikan Umun dalam Prespektif Pendidikan Islam dan Kewarganegaraan. Metode Ditaktik. vol 9 no 2.
  2. Fatturrohman, M . (2012) Belajar dan pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras
  3. Ike Yuli, (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Fokus IPA dengan Tema” Masyarakat Taneyan Lanjhang” pada Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep. Vol (3) no (1)
  4. Majid, A. N. W. (2015). Pola Pembimbingan di Tempat Kerja: Studi Kasus Pelaksanaan Program Praktik Industri di PT JMI. Taman Vokasi, 3(2).
  5. Marselina, dkk.(2020). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Vol (8) no(3).
  6. Prasmeswari, S.W, dkk. (2018). Inculcate Critical Thingking Skills In Primary Schools. SHES. Conferense Series. 1(1). 742-750.
  7. Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogyakarta: DIVA Press.
  8. Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Lampung: Perpustakan IAI Agus Salim.
  9. Shoidah, dkk. (2012). Pengembangan LKS Pendekatan Contextual Teaching and Learning Materi Hama dan Penyakit Tumbuhan. Jurnal BioEdu. Volume 1 (3): hal 8-12.
  10. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
  11. Sulistiani, E. dan Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X. Universitas Negeri Semarang, Semarang.
  12. Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta didik SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Edumatica, 2(1) , 45-57.
  13. Yana, Royanah dkk (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Ikon Kota Lubuk Linggau. Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Education.Vol (2) No (2).