Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemunculan muatan kemampuan berpikir kreatif dan mendeskripsikan aspek kemampuan berpikir kreatif dalam buku teks IPA SMP kurikulum 2013 kelas VII pada tema udaraku bersih yang digunakan di Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan statistik deskriptif. Intrumen yang digunakan yaitu instrumen muatan aspek kemampuan berpikir kreatif yang dimodifikasi dari Munandar (2009) pada masing-masing buku teks. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemunculan tiap aspek pada buku IPA kelas VII tema udaraku bersih terbitan Kemendikbud adalah aspek kelancaran (fluency) yaitu sebesar 75% kategori sesuai,  aspek keluwesan (flexibility) 66,67% kategori sesuai, aspek keaslian (originality) 66,67% kategori sesuai, dan aspek elaborasi (elaboration) 66,67% kategori sesuai. Kemunculan aspek pada buku IPA kelas VII tema udaraku bersih terbitan Yudhistira yaitu aspek kelancaran (fluency) 50% kategori cukup sesuai, aspek keluwesan (flexibility) 33,33% kurang sesuai, aspek keaslian (originality) 33,33% kurang sesuai, dan aspek elaborasi (elaboration) 100% sangat sesuai. Kemunculan aspek pada buku IPA kelas VII tema udaraku bersih terbitan Erlangga yaitu aspek kelancaran (fluency) 50% cukup sesuai, aspek keluwesan (flexibility) 66,67% sesuai, aspek keaslian (originality) 33,33% kurang sesuai, dan aspek elaborasi (elaboration) 66,67% kategori sesuai

Article Details

Author Biographies

Neneng Giniati Rohmah, Pendidikan IPA Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA

Suroso Mukti Leksono, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan IPA
How to Cite
Rohmah, N. G., Leksono, S. M., & Nestiadi, A. (2022). Analisis Buku Teks IPA SMP Kelas VII Berdasarkan Muatan Kemampuan Berpiki Kreatif pada Tema Udaraku Bersih. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 353–360. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.353-360

References

  1. Amtiningsih, S., dkk. (2016) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya, 13(1): 868-872.
  2. Filsaime, D. K. (2008) Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Indriati. (2012) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII). Vol. 1. No. 2, 192-197.
  4. Johnson. 2013. The Way of Thinking: Tingkatkan Cara Berpikir agar Lebih Kreatif, Rasional, dan Kritis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  5. Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Permendikbud. (2016) Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Permendikbud.
  7. Rahimi, A., Hematiyan, N. (2012) Do you have a creative class A yardstick to assess creativity level of EFL classrooms. Global Journal of Foreign Language Teaching, 2(1), 8-12.
  8. Rahmawati, I. (2016) Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Geografi Gea. 16(1), 66-87.
  9. Riduwan. (2010) Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Penulis. Bandung: Alfabeta.
  10. Rohmawan, A. (2020) Analisis Aspek Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Buku Teks Karya Mahasiswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. Vol. 4., No. 1. 32-44.
  11. Sholikhah, A. (2016) Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Komunika. Vol. 10, No. 2, 79-97.
  12. Sugiyanti, L., Alif, A., Mursalin, M. (2018) Pembelajaran pada Abad Ke 21 di SD. Prosding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. 439-444.
  13. Verawati, D., Fauzi, A., Ramli. (2018) Analisis Kesesuaian Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VII Semester I Untuk Diintegrasikan dengan Materi Kebakaran. Journal Pillar of Physics Education, Vol 11. No 3, 1-8.
  14. Young, M. H. (2014) Gifted and Talented Education: Student and Parent Perspectives. Journal Gifted Child Today. Vol. 37., No.4. 236-246.
  15. Yusliani, et al. (2019) Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester I. Jurnal Eksakta Pendidikan Vol.3., No.2. 184-191.