Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil analisis faktor kesulitan belajar IPA konsep kelistrikan kelas IX SMP di Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kesulitan belajar yang di alami oleh siswa sehingga menyebabkan kurangnya hasil belar yang memuaskan. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 guru IPA kelas IX dan 30 siswa kelas IX. Penelitian ini di laksanakan di SMP di Kabupaten Pandeglang yaitu SMPN 1 Cimanggu, SMPN 1 Sumur dan SMPN 1 Cibaliung. Penelitian ini di laksanakan pada tahun ajaran 2020-2021 semester ganjil. Hasil yang di dapatkan dalam penelitian ini berasal dari hasil angket dan wawancara. Perolehan data hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor kesulitan belajar konsep kelistrikan SMP  di Kabupaten pandeglang adalah rendahnya pemahaman konsep sebanyak 77,8%, kemampuan matematis sebanyak 83,4% dan kemampuan mengkonversi satuan sebanyak 78,0%.

Article Details

How to Cite
Rosita, A., Leksono, S. M., & Biru, L. T. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar IPA Konsep Kelistrikan Kelas IX SMP Di Kabupaten Pandeglang. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 404–409. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.404-409

References

  1. Abdurrahman, Mulyono. 1996. Pendidikan Bagi Anak Tuna Berkesulitan Belajar: Dirjen Dikti.
  2. Ani Rusilowati. 2006. Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA Di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 4, No. 2,
  3. Checkley, D. 2010. High School Students’ Perceptions of Physics, Faculty of Education. Lethbridge, Canada
  4. Haqiqi, A. K., dan Sa’adah, L. 2018, Deskripsi Kesulitan Belajar Materi Fisika Pada Siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah, 01: 40
  5. Koestoro, B. 2016. Pengelolaan Sumber Belajar.Yogyakarta: Media Akademi.
  6. Mudjiran, J. 2001. Kesulitan Belajar yang dialami Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Buletin Pembelajaran 1.
  7. Mulyati. 2016, Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representsi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi Preview-Question-Read-Reflect-Review. Jurnal Analisa Vol. 2 No. 3.
  8. Ukoh, E.E. 2012. Effect of Interactive Invention Instructional Strategy on NCE Pre-Service Teacher’s Achievement in Physics and: Acquisition of Science Process Skills. Journal of Innovative Research in Management and Humanities, 3(1): 122– 131