Main Article Content

Abstract

Pemerintah merancang Kurikulum 13 dalam mengatasi permasalahan di dunia pendidikan yang belum terselesaikan di abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan soal HOTS pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) fisika di SMA Surabaya, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menganalisis dokumen soal PAT secara kualitatif dan mengkategorikan berdasarkan level kognitif menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sasaran penelitian adalah dokumen naskah soal PAT kelas 10,11, dan 12 untuk tahun ajaran 2018/2019, TA 2019/2020, TA 2020/2021 di SMAN 11 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada soal fisika PAT di SMAN 11 Surabaya berdasarkan klasifikasi level kognitif kategori soal C4 mendominasi nilai persentase soal PAT pada tiga tahun ajaran terakhir, yaitu 2018/2019, 2019/2021, 2020/2021. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa soal PAT setiap tingkatan kelas diperoleh perbedaan level kognitif pada jumlah soal HOTS dengan persentase lebih kecil dibandingkan soal LOTS dan tidak ditemukan kriteria soal mencipta (C6), dan soal C4 mendominasi persentase soal PAT dalam tiga tahun ajaran terakhir.

Article Details

Author Biography

Naufal Syafa Aflah, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
How to Cite
Aflah, N. S., & Sunarti, T. (2022). Analisis Soal Fisika Berbasis High Order Thinking Skill dalam Penilaian Akhir Tahun di SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 573–579. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.573-579

References

  1. Afifah, N. (2021). Analisis Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran IPA SMP/MTs Tahun Ajaran 2018/2019 Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga
  2. Aji, U. S. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Elementary:Islamic Teacher Journal, 8(2), 377-396.
  3. Amalia, R. F., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Konten High Order Thinking Skills (HOTS) Soal Fisika SBMPTN Tahun 2018. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 89-95.
  4. Ariffudin, A., & Sutama, M. P. (2021). Profil Soal Ulangan Harian Matematika Kelas X Ditinjau Dari Prespektif High Order Thinking Skill (Hots) Di SMP Amal Mulya Tawangmangu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  5. Dani, M. Analisis Soal Tipe High Order Thinking Skills (Hots) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Swasta Imelda Medan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  6. Djumali, Ali, S. T., Santosa, J., Subadi, T., Wardhani, J. D., Choiri, A., Sundari. 2014. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
  7. Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1).
  8. Gunawan, A., & Genius, L. S. (2003). Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  9. Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud (2017).
  10. Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). PT RajaGrafindo Persada: Jakarta
  11. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah
  12. Reynold, C.R., Livingston, R. B., & Willson, V. (2010). Measurement and Assesment in Education. Pearson Eucation, Inc., Upper Saddle River, New Jersey 07458. Pearson.
  13. Sutama, S., Sandy, G. A., & Fuadi, D. (2017). Pengelolaan penilaian autentik Kurikulum 2013 mata pelajaran matematika di SMA. Manajemen Pendidikan, 12(1), 105-114.
  14. Widyarti, N. H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) tipe space and shape ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
  15. Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). Pengembangan soal tes berbasis higher order thinking skill (hots) Taksonomi Bloom revisi di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 37-46.