Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai emisivitas warna ungu (purple comet), hijau, biru, merah, hijau muda, biru muda, jingga, coklat muda, kuning, merah muda; serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model PBL pada konsep Perpindahan Kalor siswa kelas X-TKJ SMK Negeri 1 Bengkulu Tengah; dan menjelaskan perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelompok tinggi, sedang dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Bengkulu Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik Purpose sampling, yaitu kelas X.TKJ (Teknik Komputer Jaringan) yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain One Group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan: Nilai emisivitas secara berurutan sebesar 0,92; 0,83; 0,75; 0,62; 0,57; 0,54; 0,50; 0,40; 0,31; 0,24; Terdapat peningkatan hasil belajar pada konsep Perpindahan Kalor siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah dengan nilai N-gain masing-masing sebesar 0,75 (tinggi), 0,52 (sedang), dan 0,44 (sedang); Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelompok tinggi, sedang dan rendah yang ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel (4,04 > 3,35) pada taraf signifikansi 5%.

 

Kata kunci: Emisivitas warna; miniatur ruang; silinder; media; pembelajaran fisika

Article Details

How to Cite
Z, S., Mayub, A., & Farid, M. (2018). Menghitung nilai emisivitas warna menggunakan miniatur ruang berbentuk silinder sebagai media pembelajaran fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 135–141. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.135-141