Main Article Content

Abstract

ABSTRACT

[Implementation of Discovery Learning Model on Electromagnetic Wave Application Material of Various Palm Oil Impurity Analysis With Spectrophotometry UV-Vis].The aims of this study was to describe the differences between the learning outcomes of students who learn to use the learning model of Discovery Learning with students studying physics learning conventionally onwaves electromagnetic material.  The method used quasi experimental research with Pretest-Posttest Control GroupDesign research conducted at SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Sample research used 2 classes i.e. class X.3 as a experimental class and class X.2 as a control class. Based on the results of data analysis it can be concluded that there was a difference between learning outcomes of students who learn to use the learning model of Discovery Learningwith students studying in conventional method. The data views from the average final value obtained after being given the treatment. The average value of experimental classes after being given the treatment model of learning by Discovery Learning was 76.27, while the average value of control class after being given treatment to conventional learning was 67.00.

Keywords: Discovery; Learning;Electromagnetic Waves; Spectrophotometry UV-Vis.

(Received August 23, 2018; Accepted March 2, 2019; Published June 18, 2019)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (DL) dengan siswa yang belajar secara konvensional pada pembelajaran fisika dengan materi gelombang elektromagnetik.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control GroupDesign, yang dilakukan di SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 2 kelas yakni kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (DL) dengan siswa yang belajar secara konvensional. Data tersebut dilihat dari nilai rata-rata akhir yang diperoleh setelah diberi perlakuan. Nilai rata-rata kelas eksperimen setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 76,27, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol setelah diberi perlakuan pembelajaran konvensional sebesar 67,00.

Kata Kunci:Discovery; Learning; GelombangElektromagnetik; Spektrofotometri UV-Vis.

Article Details

How to Cite
Wulandari, T., Nirwana, N., & Firdaus, M. L. (2019). Implementasi Model Discovery Learning Pada Materi Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Analisis Pengotor Berbagai Minyak Goreng Sawit dengan Spektrofotometri UV-Vis. PENDIPA Journal of Science Education, 3(2), 66–71. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.2.66-71

References

  1. Asmawati, S.Y.K. (2015) Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guide Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika (JPI), 2442-4838.
  2. Furoidah, A.Z., Indrawati., dan Subikti. (2017). Implementasi Model Discovery Learning disertai lembar kerja siswa dalam pembelajaran fisika siswa di SMA. Jurnal pembelajaran fisika. 6(3), 285-291.
  3. Bahri, S.S., and Che Man. Y.B., (2016). Rapid Detection of Lard In Chocolate And Chocolate - Based Food Products Using Fourier Transform Infrared Spectroscopy. Journal of Tropical Agriculture and Food Science. 44(2), 253-263.
  4. Martaida, T., Bukit, N., dan Ginting, E.M., The Effect of Discovery LearningModel on Student’s Critical Thingking and Cognitive Ability in Junior High School.IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). Vol.1(6)2330-7388p, 2320-737x.
  5. Rosarina, G., Sudin, A., dan Sujana, A.
  6. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah. Vol.1(1).
  7. Setiono, B. (2011). Pengembangan Aalat Perekam Getaran Sebagai Media Pembelajaran Konsep Getaran. Bandar lampung:Universitas Lampung.
  8. Sudirman. (2013). Membangkitkan Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Suryani, I., Mardiati, Y., dan Harianti, Y. (2016). Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Jurnal sains dan pendidikan Fisika. Vol.11(3), (227-223).
  10. Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
  11. Triono, N., Farid, M., dan Medriati, R. (2018). Pembelajaran Menggunakan Media Karakteristik Sebaran Temperatur Udara dan Kecepatan Angin Di Pesisir Pantai Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education. 2(2), 123-130.