Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan yang dilakukan selama proses pembelajaran agar dapat mencari solusi pada pembelajaran. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN11 Tebat Karai yang berjumlah 11 siswa yang terdiri dari  3 siswa perempuan  dan 8  laki-laki. Hasil penelitian awal ditemukan beberpa kelemahan selama proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu: (1) kurangnya kemampuan  murid dalam memahami materi pelajaran;(2) murid pasif  dan berbicara sendiri;(3) nilai prestasi belajar IPA masih rendah; (4) Metode mengajar yamg digunakan guru masih cenderung ceramah;(5)kurangnya minat siswa dalam belajar; dan (6) kurangnya perhatian orang tua  siswa terhadap belajar siswa. Dari  keadaan diatas guru mencoba menerapkan metode “Demonstrasi dan  menggunakan media nyata” dan membawa siswa kealam nyata.Hasil penelitian menunjukkan bahwametode demonstrasi dan media nyata dapat meningkatkan hasil belajar tentang struktur tumbuhan pembelajaran IPA  kelas IV sekolah dasar

Article Details

How to Cite
Susiyanti, E. (2017). PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA NYATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG STRUKTUR AKAR PADA SISWA KELAS IV SDN 11 TEBATKARAI KABUPATEN KEPAHIANG. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 18–21. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.18-21