Main Article Content

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode diskusi telah dilaksanakan pada SDN 19 Kepahiang tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 20 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menirukan  pembacaan pantun anak dengan metode diskusi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus,yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penerapan metode  diskusi terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, keberanian,mengemukakan pendapat,serta siswa terlatih beragumentasi.

Article Details

How to Cite
Pauziah, R. (2017). PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MENIRUKAN PEMBACAAN PANTUN ANAK DI KELAS IV SD NEGERI 19 KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 42–46. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.42-46