Main Article Content

Abstract

Penelitian Pembelajaran  IPA  di SD menekankan pada pemberian pengalaman langsung, inkuiri ilmiah (scientific inquiry), menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, dan sikap ilmiah dalam bentuk kecakapan hidup (life-skills). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku ajar pendidikan IPA SD berbasis inkuiri yang dapat meningkatkan kemampuan sikap ilmiah, dan berpikir kritis bagi siswa SD.  Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas 4, 5, 6. Teknik pengumpulan data menggunakan uji coba. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui analisis kovariat (MACNOVA) faktorial 2X2 (Hair. Et al, 1995; Sharma,1996:342-345). Hasil penelitian adalah draft buku IPA SD berbasis inkuiri  yang berisi : (1) uraian kompetensi siswa, (2) judul bab, (3) gambar pembuka bab, (4)  teks pengantar, (5) peta pikiran, (6) materi pelajaran, (7) gambar dan ilustrasi, (8) tahukah kamu, (9) mari mencari tahu, (10) mari kita selidiki, (11) mari bertukar pikiran, dan  (12)  mari mengingat kembali.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu isi draft buku IPA SD berbasis inkuiri  yang dikembangkan , mencakup: 1) Judul bab, gambar pembuka bab, dan teks pengantar disajikan dengan  tujuan untuk menarik perhatian dan memancing keingintahuan siswa ( fase Engage), 2) Tahukah kamu, berisi informasi actual agar siswa mampu memecahkan kesulitan yang dihadapi( fase Elaborate), 3) Mari cari tahu dan Mari kita selidiki, berbentuk lembar kegiatan dan diskusi disajikan untuk memberi kesempatan kepada siswa agar bekerja sama dalam menjawab pertanyaan dan melakukan pengamatan ( fase Explore).

Article Details

How to Cite
Dalifa, D. (2018). PENGEMBANGAN BUKU IPA SD BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP LINGKUNGAN DAN FENOMENA ALAM BAGI SISWA SD. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 347–351. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.3.347-351