Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, membuat siswa lebih semangat dan aktif dalam mengikuti pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) instrumen pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan alat peraga, (2) instrumen pengumpulan data berupa tes dan non tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode permainan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan yang dikembangkan dalam penelitian ini memilki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 12 Kepahiang. Hal ini ditunjukkan pada siklus I dan siklus II yang dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu siswa tinggi, siswa sedang, dan siswa rendah. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II yaitu skor rata-rat hasil belajar siswa pada kategori tinggi adalah 79.8 dan meningkat menjadi 90.5 Skor rata-rata hasil belajar siswa pada kategori sedang adalah 66.4 dan meningkat menjadi 70.8 Dan skor rata-rata hasil belajar siswa pada kategori rendah adalah 53.3 dan meningkat menjadi 60, sedangkan sikap siswa berdasarkan hasil non tes adalah siswa menjadi senang, semangat dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Melyati, M. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINANPADA PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 12 KEPAHIANG. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 243–247. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.243-247