Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan menentukan volume bangun ruang di SDN 22 Kepahiang. Rendahnya hasil belajar ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang hanya 5,6 dan 5,9. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 22 Kepahiang dalam menentukan volume bangun ruang (balok dan kubus) melalui alat peraga kubus satuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menentukan volume bangun ruang (kubus dan balok) pada siswa kelas VI SD Negeri 22 Kepahiang. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat. Pada  siklus I rata-rata hasil belajar hanya 5,77, pada siklus II baru mencapai 6,94 dan pada akhir siklus III rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 8,55.

Article Details

How to Cite
Suwarno, S. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 22 KEPAHIANG DALAM MENENTUKAN VOLUME BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PRAGA KUBUS SATUAN. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 267–276. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.267-276