Main Article Content

Abstract

Penguasaan kosa kata sangat penting bagi siswa   Sekolah Dasar. Pada usia  7 – 13 tahun, anak mampu menguasai kosa kata dengan baik. Namun tingkat penguasaan kosa kata anak masih rendah dan guru masih menggunakan media yang kurang tepat, bahkan tidak mempergunakan media di kelas,sehingga siswa kurang tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengujiefektifitas pemakaian media boneka tangan dan pengaruh media boneka tangan pada penguasan kosa kata . Penelitian ini memakai rancangan eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding (The One Group Pratest Posttest).Subyek penelitian Siswa SD ,dengan sampel data sebanyak 25 siswa. Data diolah dengan  SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan pada,Uji  Normalitas ,Homogenitas dan T Sampel Berpasangan dengan tingkat signifikan ?=5%, Hasil uji normalitas didapat nilai Kolmogorof-Smirnov iSig.0.200,dan Shapiro-Wilk 0.822 sehingga pada ?= 5%= 0.05 < Sig.= 0,sampel data berasal dari distribusi normal. Pada Uji Homogenitas Varians Levene Nilai Sig. 0.896, pada tingkat signifikansi ? = 5 % =0.05 < Sig.0.896 sehingga dapat dikatakan sampel data berasal dari varians yang Homogen, ,dapat disimpulkan pada tingkat kepercayaan 95%,rata-rata kemampuan kosa kata setelah perlakuan dengan memakai media boneka tangan (mean sebesar 66.98640 ) dibanding sebelum memakai media ( mean sebesar 63.7240 ), naik sebesar 3.26240. Dengan kata lain, pemakaian media boneka tangan berpengaruh signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Penelitian ini memberikan saran untuk mengatasi masalah yang ditemukan dalam penelitian.

Keywords

Penguasaan Kosa Kata Media Boneka Tangan

Article Details

How to Cite
Widiyarto, S., Rusdianto, M., & Paryono, P. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Siswa SD Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 19–25. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.19-25

References

  1. Arsayd, Azhari. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo .
  2. Emzir.(2013),Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Raja Grafindo.
  3. Kisworo Wayu Marsudi. (2016).Revolusi Mengajar Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Menyenangkan (PAKEM). Jakarta: Asyik Generation.
  4. Kasno.(2004).Kamus sebagai Sumber Rujukan dan Pengajaran Kosakata. Jakarta:
  5. Pramesti Getut.(2014).Kupas Tuntas Data Penelitan dengan SPSS 22 cetakan ke tiga. Jakarta.PT Elek Media Komputindo.
  6. Santoso Singgih.(2015).SPSS 20 Pengolah Data Statistik di Era ,Jakarta. PT Elek Media Komputindo.
  7. Yuharto.(2014). Peningkatan Penguasaan Kosa kata Bahasa Indonesia Melalui teknik Permainan Bahasa di Kelas III SD Negeri PrabumulihII Kec.Muara Lakitan Kab.Musi Rawas,Skripsi. Diterbitkan. Jakarta . Universitas Negeri Jakarta.