Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Two Stray Two Stayterhadap hasil belajar   Matematika. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran   Matematika  setelah diterapkannya pembelajaran Two Stray Two Stay Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 03 Merigi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 35%),  siklus II (75 %), siklus III ( 95 %). Pembelajaran Two Stray Two Stay dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas IV SD Negeri 03 Merigi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stray Two Stay  dapat digunakan sebagai salah satu alternativ model dalam pembelajaran Matematika.

Article Details

How to Cite
Misyani, M. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Pengukuran Sudut Pelajaran Matematika Melalui Penerapkan Pembelajaran Two Stray Two Stay Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Merigi Kabupaten Kepahiang. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 120–127. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.120-127

References

  1. Abdurrahman. (2004). Two Stay Two Stray Sebuah Model Pembelajaran. Bandung: KAIFA
  2. Berdiati, I. (2010). Model PakemPembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Widyaiswara BDK
  3. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi ke 3. Jakarta : Asdi Mahastya.
  4. Huda, M. (2014). Model-model PengajarandanPembelajaran. Yogyakarta :PustakaPelajar
  5. Keraf, G. (2007). Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  6. Kurikulum SD Negeri 03 Merigi Kabupaten Kepahiang Tahun 2015
  7. Lie, A. (2008). Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  8. Wiriaatmadja, R. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
  9. Nurhadi, dkk (2006), Pembelajaran Kooperatif. Bandung : Transito