https://ejournal.unib.ac.id/potensia/issue/feed Jurnal Ilmiah Potensia 2024-02-29T18:33:08+00:00 Dr. Nesna Agustriana, M.Pd nagustriana@unib.ac.id Open Journal Systems <p><a href="https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia" target="_blank" rel="noopener">Jurnal Ilmiah Potensia</a> publishes reports field studies, research articles, and the best practices and policies of early childhood learning on the national and international stage.<br />Jurnal Ilmiah Potensia publishes original manuscripts, reviews, and information about association activities. Its purpose is to provide a forum for the consideration of issues and for the exchange of information and ideas about research and practice in early childhood teacher education. Published by UNIB Press. Its been indexed by Google Scholar, Garuda, Onesearch, Crossref, Road, Moraref. <br /><strong><a title="ISSN Print Jurnal Ilmiah Potensia" href="http://u.lipi.go.id/1465878022">P-ISSN 2527-9270</a><br /><a title="ISSN online Jurnal Ilmiah Potensia" href="http://u.lipi.go.id/1523939579">E-ISSN 2621-2382</a></strong>.<br />DOI articles have been activated since January 2019. <br /><a href="https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia" target="_blank" rel="noopener">Jurnal Ilmiah Potensia</a> is a professional publication of original peer-reviewed articles that reflect exemplary practices in the field of contemporary early childhood education. Articles cover the social, physical, emotional, and intellectual development of children age birth through 8, analyzing issues, trends, and practices from an educational perspective. The journal publishes feature-length articles that skillfully blend 1) theory, research, and practice, 2) descriptions of outstanding early childhood programs worldwide, and 3) quantitative, qualitative, and mixed-methods research. <em>Early Childhood Education Journal</em> is of interest not only to classroom teachers, child care providers, college and university faculty, and administrators, but also to other professionals in psychology, health care, family relations, and social services dedicated to the care of young children.<br /><br /></p> https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/32113 Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Dengan Media Lapbook 2024-02-19T10:59:07+00:00 dewie hartati Handayani dewie.hartatihandayani@gmail.com Lilis Suryani lilisyeyen2019@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mencermati upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme anak usia dini melalui kegiatan bermain dengan menggunakan media <em>Lapbook</em>. Penelitian dilakukan di <em>homeschooling</em> Adiba Palembang, selama kurun waktu 3 bulan, yakni bulan September-Desember 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui tiga model, yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Berikutnya agar data yang diperoleh memiliki keabsahan dan memiliki derajad kepercayaan, maka peneliti menggunakan dua teknik, yakni ketekunan pengamatan dan trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Miles and Huberman yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain menggunakan media<em> Lapbook </em>dapat dijadikan sebagai sarana untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme anak usia dini. Hal tersebut diantaranya tercermin dari sikap kemandirian, toleransi, saling menghargai, budaya antri, serta perasaan menjadi bagian dari sejarah ke-Indonesiaan</p> 2024-02-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 dewie hartati Handayani, Lilis Suryani https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/30256 Model Program Transisi Belajar Berbasis Kecakapan Hidup Untuk Meningkatkan Kesiapan Bersekolah Siswa SD Kelas Awal 2024-02-15T10:43:30+00:00 Siti Fatonah fatonah.siti81@gmail.com Yufiarti Yufiarti yufiarti@unj.ac.id Elindra Yetti elindrayetti@unj.ac.id <p>Transisi seorang anak dari rumah ke lingkungan prasekolah di taman kanak-kanak atau Sekolah Dasar (SD) dapat menjadi saat yang mencemaskan, terutama jika ada kebutuhan tambahan berkaitan dengan perkembangan fisik, emosional, maupun kemampuan komunikasi mereka. Pemerintah, sekolah, maupun orang tua perlu mendukung proses penyesuaian anak usia dini ke jenjang SD dengan mengembangkan program transisi guna memberikan pengalaman penting dan menyenangkan bagi anak-anak di masa awal sekolah mereka.&nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program transisi semester awal berbasis kecakapan hidup anak usia dini ke jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode research and development dan kuasi eksperimen untuk mengukur efektivitas program berdasarkan hasil perbandingan pre-test sebelum implementasi program dan post-test setelah implementasi program. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 42 orang.&nbsp; Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan implementasi program transisi PAUD-SD berbasis kecakapan hidup, terdapat peningkatan skor kesiapan sekolah antara pre-test dan post-test sebanyak 36 poin setelah intervensi dilakukan. Hasil kualitatif didapatkan bahwa SD Islam El Fash dan SDIT RLA Bogor telah siap untuk mengembangkan program transisi belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)-SD, namun demikian perlu dilakukan monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan.</p> 2024-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Siti Fatonah, Yufiarti Yufiarti, Elindra Yetti https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/32166 Pengembangan Model Wisata Edukasi Ramah Anak Pada Candi Muaro Jambi 2024-02-29T18:33:08+00:00 Nessa vannessaajeng@gmail.com Uswatul Hasni uswatulhasni@unja.ac.id Veli Setiowati velistw@gmail.com Meyrizka Dwita Putri meyrizkaa04@gmail.com Ikrima Pebi Fauziah ikrimapebif@gmail.com Rahma Virantika virantikarahma@gmail.com <p><em>Candi Muaro Jambi adalah salah satu candi terluas se-Asia Tenggara yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan dalam pengembangan model wisata edukasi dan mengetahui kelayakan model konseptual wisata edukasi. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalution). Namun, penelitian kali ini hanya sampai tahap Development saja dikarenakan keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti. Sampel dari penelitian ini adalah guru dari 5 Taman Kanak-Kanak (TK) dan 3 orang tua yang berada di lingkup wilayah Muaro Jambi. Melalui analisis kebutuhan dari kegiatan wawancara oleh guru dan orang tua didapatkan hasil bahwa diperlukannya pengembangan model wisata edukasi di Muaro Jambi. Maka dari itu, peneliti bermaksud membuat model konseptual wisata edukasi ramah anak di Candi Muaro Jambi. Model konseptual tersebut adalah model konsep baru yang memberikan gambaran dari tahap-tahap implementasi, mulai dari pendefinisian, tujuan, manfaat, dan kerangka model wisata edukasi ramah anak. Dalam membuat model konseptual ini, dilakukan uji kelayakan melalui ahli materi dan ahli media. Didapatkan hasil bahwa model konseptual yang dikembangkan oleh peneliti meraih nilai sangat valid dengan skor rerata yaitu 88%. Ini artinya program-program telah terbukti valid dan dapat diandalkan dalam mendukung pemberian stimulasi tahapan perkembangan anak.</em></p> 2024-03-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nessa, Uswatul Hasni, Veli Setiowati, Meyrizka Dwita Putri, Ikrima Pebi Fauziah, Rahma Virantika https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/32085 Implementasi Mendongeng dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini 2024-02-20T02:42:52+00:00 Pascalian Hadi Pradana pascalian10@gmail.com Fadil Djamali mfadil_djamali@yahoo.co.id Ainun Nasyiyatul Khoiriyah proling629@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi kegiatan mendongeng dalam meningkatkan kemampuan Bahasa anak usia dini. Mendongeng merupakan sebuah seni tentang cerita dari suatu peristiwa dan disampaikan secara lisan. Kegiatan mendongeng yang melibatkan pendengaran dan pengamatan oleh anak-anak akan menumbuhkan dari segi Bahasa anak itu sendiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi dari pelaksanaan kegiatan mendongeng. Mendongeng dapat meningkatkan kemampuan Bahasa anak yakni pada aspek menceritakan kembali isi cerita secara sederhana, menjawab pertanyaan tentang dongeng dengan baik, dan melanjutkan isi cerita dongeng. Peningkatan terjadi pada siklus I ke siklus I pada masing-masing aspek penilaian. Aspek menceritakan kembali isi cerita secara sederhana mengalami peningkatan yakni pada siklus I sebesar 50% atau 7 anak menjadi 85,8% atau 12 anak yang memenuhi indicator keberhasilan. Pada aspek menjawab pertanyaan tentang dongeng dengan baik juga mengalami peningkatan, yakni pada siklus I sebesar 50% atau 7 anak menjadi 85,8% atau 12 anak yang memenuhi indicator keberhasilan. Pada aspek melanjutkan isi cerita dongeng juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I sebesar 71,4% atau 10 anak menjadi 92,9% atau 13 anak yang memenuhi indicator keberhasilan. Dengan hasil ini karena pada siklus II telah memenuhi indicator keberhasilan, maka penelitian telah selesai.</p> 2024-02-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Pascalian Hadi Pradana, Fadil Djamali, Ainun Nasyiyatul Khoiriyah https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/28399 Pengaruh Finger Painting Menggunakan Tablet LCD Drawing Board Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun 2023-06-28T09:45:18+00:00 Fitri Luvita Sari fitriluvitas05@gmail.com Hendra Sofyan hendraassignment@gmail.com Winda Sherly Utami windasherly@unja.ac.id <p><em>Kemampuan motorik halus sangat penting bagi pertumbuh perkembang anak dikarenakan mampu meningkatkan kreativitas, dan juga kesehatan anak melalui gerakan-gerakan sehingga menimbulkan kepercayaan diri untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Untuk mendorong keterampilan motorik halus anak-anak, diperlukan kegiatan baru. Salah satunya adalah finger painting dengan menggunakan tablet LCD drawing board yang belum pernah digunakan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan finger painting tablet LCD drawing board terhadap kemampuan motorik halus anak prasekolah. Dari 3 April hingga 27 Mei 2023, penelitian dilakukan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dikenal dengan Pre-Experimental Design, khususnya One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa finger painting pada papan gambar LCD tablet berdampak pada kemampuan motorik halus anak di Kbit Al-Muthmainnah Kota Jambi. Dari data hasil pengujian terlihat bahwa ada pengaruh finger painting menggunakan tablet LCD drawing board terhadap keterampilan motorik halus siswa kelas KBIT Al-Muthmainnah Kota Jambi karena t hitung (11,786) &gt; t tabel (2,101), menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Akibatnya, Ho ditolak dan Ha diterima.</em></p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Fitri Luvita Sari, Hendra Sofyan, Winda Sherly Utami https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/30620 Stimulasi Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Flash Card Digital 2023-10-24T01:24:07+00:00 Rahmah Novianti rahmahnovianti@unj.ac.id Niken Pratiwi nikenpratiwi@unj.ac.id <p>Language development is very important for early childhood because through language children can communicate and interact with others. One of the abilities of language development is early reading skills. This research aims to develop media for beginning reading activities using digital media in the form of <em>flash cards</em>&nbsp;as a media of stimulation for early childhood in early reading skills. This type of research is development research using &nbsp;ADDIE model. The method used for data collection&nbsp;are observation and instruments. This research data was analyzed descriptively quantitatively. The research results showed that the value obtained from material experts was 84% and 86% from media experts. Based on this, digital media in the form of word cards is suitable for testing in early childhood learning activities. The implications of this research are that digital flash cards can be used by teachers in the learning process.</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rahmah Novianti, Niken Pratiwi https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/32331 Development of Pop-Up Book Media Based on Multisensory for Scientific Literacy of Early Chidhood 2024-01-10T05:21:07+00:00 Vebionita Megi Putri Vebionita17@gmail.com Yaswinda yaswinda@fip.unp.ac.id Nenny Mahyuddin nennnymahyuddin@fip.unp.ac.id <p><em>The minimal level of scientific knowledge is due to a lack of optimization of the learning process in Kindergarten. One index of the cause is that there is still little learning media for children. Developing media according to children's needs is a problem that must be solved, in order to develop children's abilities, especially&nbsp; scientific literacy. The aim of this research is to develop multisensory-based Pop-Up book media for early childhood science abilities. This research uses Reach and Development research which uses the development of the Borg and Gall model with 9 learning steps, namely; 1) identifying objectives with evaluation, 2) conducting learning analysis, 3) analyzing students and the learning context, 4) writing core objectives, 5) developing evaluation instruments, 6) developing learning strategies, 7) selecting and developing teaching materials, 8) designing and conducting formative learning evaluations, and 9) revising learning. Data collection techniques in this research used documentation and questionnaires. Aiken's V validation is used as a data analysis technique. The results obtained by this research are 1) lesson plan design, 2) children's conditions in the field and the problems they face, 3) child development indicators, 4) child development indicators, 5) development competencies, 6) pop-up book media development design, 7 ) media development evaluation results with a percentage of 91.25% (valid) and material media validation of 90.77% in the appropriate category (valid). An FGD was also conducted with 6 kindergarten teachers in Pasaman Regency with the results of multisensory-based pop up book media on science skills for early childhood which were appropriate (valid) and could be used in the learning process. The results of measuring children's science abilities in 3 kindergartens in Pasaman Regency which were carried out in medium classes showed that the results of the trial assessment were 87.16%, which means that children's scientific literacy abilities are developing well</em><em>.</em></p> 2024-01-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Vebionita Megi Putri, Yaswinda, Nenny Mahyuddin https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/31494 Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau Dari Penerapan Ape Busybook 2024-01-20T13:32:35+00:00 Nurul Ayatina 211340000195@unisnu.ac.id Muhammad Nofan Zulfahmi nofan@unisnu.ac.id <p><em>Perkembangan sosial emosional merupakan proses dimana anak belajar untuk berperilaku yang berhubungan dengan individu untuk hidup dan berinteraksi atau melakukan kegiatan sosial dengan individu lain dalam kehidupan sehari hari. Anak usia 4-5 tahun di TK TA Pendem 01 memiliki kemampuan dalam sosial emosional yang masih kurang optimal. Hal ini disebabkan karena persiapan media pembelajaran oleh guru yang dilakukan ketika proses belajar mengajar, motivasi anak masih kurang dari lingkungan juga dapat mempengaruhi proses belajar anak karena orang terdekat dapat menghambat perkembangan sosial emosional anak.</em> <em>penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui perkembangan sosial emosional yang terjadi pada anak usia 4-5 tahun melalui permainan busy book. Pendekeatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan terkait implementasi APE busy book sebagai peninjau dari capaian perkembangan anak usia 4–5 tahun di lembaga TK TA Pendem 01. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menjelaskan bahwa dengan menggunakan media busy book anak sudah mencapai indikator yang diteliti oleh peneliti yaitu anak mampu berantusias dalam mengikuti rangkaian permainan yang ada di busy book, menaati peraturan yang berlaku dalam permainan, percaya diri untuk menjawab pertanyaan yang dikasih pendidik dan mampu berinteraksi dengan sesama teman.</em> <em>Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa media busy book efektif diterapkan dalam pembelajaran untuk lembaga PAUD.</em></p> 2024-01-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nurul Ayatina, Muhammad Nofan Zulfahmi https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/29591 Pengaruh Media Loose parts Terhadap Literasi Numerasi Anak Di Taman Kanak-Kanak 2023-10-30T05:13:44+00:00 Tarisya Ayunda Putri tarisyaayundaputri@gmail.com Delfi Eliza deliza.zarni@gmail.com <p><em>Tujuan penulisan artikel yaitu untuk mengetahui pengaruh media loose parts terhadap literasi numerasi </em><em>peserta didik</em><em> di T</em><em>K</em><em> Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang.</em> <em>Peneliti menggunakan </em><em>metode kuantitatif</em><em> dengan jenis q</em><em>uasi-eksperimental. </em><em>Adapun p</em><em>opulasi</em> <em>dalam penelitian ialah seluruh peserta didik di TK </em><em>Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang.</em><em> Sampel terdiri dari 28 orang anak </em><em>yaitu 14 orang anak di k</em><em>elas</em><em> B4 </em><em>(kelompok </em><em>eksperimen</em><em>)</em><em> dan 14 orang anak di kel</em><em>as</em><em> B5 </em><em>(kelompok </em><em>kontrol</em><em>), yang dipilih berdasarkan penggunaan teknik </em><em>purposive sampling. </em><em>P</em><em>engumpulan data menggunakan tes untuk menilai literasi numerasi anak yaitu berhitung, simbol, relasi numerasi, operasi aritmatika. Hasil perhitungan validitas butir soal </em><em>berada dalam rentang </em><em>0,63-0,73 </em><em>dengan nilai reliabel sejumlah</em><em> 0,69. Hasil analisis data dari penelitian ini didapatkan </em><em>rata-rata </em><em>pre-test </em><em>(kelompok</em><em> eksperimen</em><em>)</em> <em>adalah </em><em>12,50 dan</em> <em>post-test sebesar 17,29. Sementara </em><em>perolehan rata-rata </em><em>pre-test </em><em>(kelompok</em><em> kontrol</em><em>)</em> <em>adalah </em><em>12,36 dan</em> <em>post-test 15,57. </em><em>Terdapat </em><em>selisih </em><em>mean pada kedua kelompok yang di uji cobakan, perolehan mean kelompok ekpserimen </em><em>4,79</em><em> sedangkan kelompok </em><em>kontrol</em> <em>3,21.</em><em> Berdasarkan hasil akhir yang diperoleh melalui </em><em>uji hipotesis diketahui </em><em>perolehan signifikansi (2-tailed) </em><em>adalah 0,002 &lt; 0,05. Kesimpulannya adalah media loose parts memberikan berpengaruh terhadap literasi numerasi </em><em>peserta didik di TK </em><em>Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang.</em></p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Tarisya Ayunda Putri, Delfi Eliza https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/28192 Pengaruh Metode Proyek Terhadap Tanggung Jawab Anak Kelompok B Di TK IT An-Nahl Kota Jambi 2023-07-08T02:57:00+00:00 Ummaya Naim Maisyaroh ummayabangko@gmail.com Irzal Anderson irzalanderson@gmail.com Winda Sherly Utami windasherly@unja.ac.id <p><em>: </em><em>Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukan bahwa tanggung jawab yang dimiliki anak kelompok B di TK IT An-Nahl Kota Jambi belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap tanggung jawab anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelompok B di TK IT An-Nahl Kota Jambi yang berjumlah 23 anak dan sampel dalam penelitian ini adalah 13 anak. Instrumen&nbsp; yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa t-hitung &gt; t-tabel yaitu 20.397 &gt; 2.201 pada taraf signifikan</em><em>α = 0.05. Hal ini berarti adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode proyek terhadap tanggung jawab anak kelompok B1 di TK IT An-Nahl Kota Jambi, yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 3,54 yang berada pada rentang &gt; 1.00 dengan interpretasi kuat atau Strong Effect. Dengan demikian, metode proyek dapat digunakan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan tanggung jawab pada anak.</em></p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ummaya Naim Maisyaroh, Irzal Anderson, Winda Sherly Utami https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/27949 Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun 2023-06-12T13:39:22+00:00 Winda Sherly Utami windasherly@unja.ac.id Indryani Indryani indryani@unja.ac.id indri febri azmi azmiindri48@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan fun cooking terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di RA Darussalam Kecamatan Pelepat Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-postets. Populasi dalam penelitian ini anak berusia 5-6 tahun dengan sampel kelompok B1 yang berjumlah 21 anak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan melalui instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial berupa pengujian hipotesis yang didahului uji normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kegiatan fun cooking berpengaruh dalam menstimulasi kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan dengan hasil dari t hitung sebesar 25,213 &gt; dari t tabel sebesar 2,093 dengan taraf signifikan 0.05 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima.</em></p> 2023-10-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Winda Sherly Utami, Indryani Indryani, indri febri azmi https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/28136 Pengaruh Metode Story telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun 2023-07-08T03:03:23+00:00 Finarsih Finarsih finarsiaja2017@gmail.com Evita Anggereini evitaanggereini42@gmail.com Winda Sherly Utami windasherly@unja.ac.id <p>Kemampuan berbicara ini merupakan salah satu aspek terpenting dalam <br />perkembangan anak dari awal sampai akhir, dimana kemampuan berbicara anak ini dapat di <br />kembangkan melalui metode story telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media <br />Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Maka dari itu Tujuan dari penelitian ini adalah <br />untuk mengetahui pengaruh pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokal<br />menggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 Tahun di TK <br />Labora Islam Desa Mandalo Indah”. Penelitian ini dilaksanakan 3 april sampai 30 mei 2023 <br />Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent <br />control group desain, instrument pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian <br />ini menunjukan bahwa ada pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokal <br />menggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di tk labora <br />islam desa mandala indah. Hasil data uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu t <br />hitung 2.109 dan untuk t table, yaitu 1,710 yang artinya thitung lebih besar &gt; dari ttable, maka H0 <br />ditolak dan H1 diterima, sehingga yang dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode <br />story telling berbasis kearifan lokal menggunakan media wayang terhadap kemampuan <br />berbicara anak.<br />Kata Kunci: kemampuan berbicara, story telling, media wayang</p> 2023-10-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Finarsih Finarsih, Evita Anggereini, Winda Sherly Utami