Main Article Content

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk membuat Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Pada Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu. Tempat penelitian dilaksanakan di Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu. Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan media dan sekaligus metode dalam penanggulangan kemiskinan perkotaan. KUBE ini diarahkan untuk terciptanya aktifitas sosial dan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan sosial mereka.Dalam proses pemberian bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) pada Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu tidak melakukan seleksi yang terlalu ketat dalam hal menindak lanjuti siapa yang berhak mendapatkan bantuan atau yang tidak berhak mendapatkan bantuan. Terkadang bantuan diberikan karena masih ada hubungan keluarga. Hal ini justru menimbulkan suatu masalah bagi masyarakat yang harusnya menerima bantuan, tapi malah tidak menerima bantuan, sehingga kesenjangan sosial pun terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis membuat suatu sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan siapa saja yang layak mendapatkan bantuan dan tidak layak mendapatkan bantuan berdasarkan kriteria-kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu. Sistem pendukung keputusan bantuan kelompok usaha bersama (KUBE) Pada Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu merupakan aplikasi yang dapat membantu dalam mengambil keputusan kelayakan pemberian bantuan kepada masing-masing Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Aplikasi ini telah menyediakan 18 (delapan belas) kriteria penilaian yang dinilai pada masing-masing KUBE. Hasil dari penilaian tersebut diproses menggunakan metode Weighted Product (WP), kemudian melakukan perankingan berdasarkan nilai WP yang paling tinggi.

Kata Kunci: Sistem, Pendukung, Keputusan, KUBE, Dinas, Kesejahteraan, Sosial, Bengkulu.

 

Article Details

Author Biography

Devi Sartika, universitas dehasen bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer
How to Cite
Sartika, D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Pada Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu. Pseudocode, 7(1), 26–34. https://doi.org/10.33369/pseudocode.7.1.26-34

References

  1. Adelia, dkk. 2011. Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Sistem Reservasi Hotel Berbasis Website dan Desktop. Jurnal Sistem Informasi Vol 6 No 2 September 2011:113-126. Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha.
  2. Alfita, Riza. 2012. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode Weighted Product (WP). Universitas Trunojoyo Madura. Journal.unipdu.ac.id.
  3. Buku Pedomanan Pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan Melalui Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama.
  4. Christian, V.M. Eduardo S. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pada PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) Menggunakan Metode Analityc Hierarchy Process. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang. Eprints.dinus.ac.id.
  5. Aviluddin. 2009. Memahami Penggunaan Diagram Arus Data. Jurnal Informatika Mulawarman Vol.04 September 2009. Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA Universitas Mulawarman.
  6. Hernita. 2010. Kupas Tuntas Database Server 2008. Penerbit Andi. Yogyakarta.
  7. Octafian, D. Tri. 2011. Desain Database Sistem Informasi Penjualan Barang (Studi Kasus : Minimarket Grace Palembang). Jurnal Teknologi dan Informatika (Teknomatika) Vol.1 No.2 Mei 2011.