Main Article Content

Abstract

Abstrak: String Matching merupakan proses pencocokan string untuk menemukan kesamaan antara teks dan pattern. Pada proses pencarian kata pada aplikasi Kamus android terbilang sulit, dikarenakan banyaknya data didalam database, sehingga proses pencarian tersebut cukup lama jika dicari satu persatu. Untuk pemecahan masalah tersebut, salah satu algoritme string matching yang digunakan adalah algoritme Boyer-Moore karena algoritme ini merupakan algoritme string matching yang paling efesien dibandingkan algoritme-algoritme string matching lainnya. Tujuan penelitian ini ialah menerapkan algoritme Boyer-Moore pada aplikasi kamus komputer. Adapun manfaat penelitian ini diharapkan dapat mempermudah khususnya bagi mahasiswa Fakultas Teknik untuk mencari kata-kata istilah komputer untuk media pembelajaran. Diharapkan aplikasi ini mendapat tanggapan yang baik bagi pengguna supaya bisa dikembangkan lagi kedepannya. Aplikasi ini masih terdapat kekurangan dan dapat dikembangkan lagi kedepannya, seperti pencariannya tidak otomatis huruf besar dan kecilnya, bisa juga dikembangkan berbagai macam kamus lainnya seperti kamus obat, beladiri, bahasa daerah dan lain sebagainya.

Kata Kunci: String matching, Boyer-Moore, Aplikasi, Kamus, Android

Article Details

Author Biographies

Muhammad Husni Rifqo, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Andilala Andilala, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
How to Cite
Rifqo, M. H., & Andilala, A. (2020). Implementasi Algoritme Boyer-Moore pada Aplikasi Kamus Istilah Komputer Berbasis Android. Pseudocode, 7(1), 69–77. https://doi.org/10.33369/pseudocode.7.1.69-77

References

  1. K. W. Argakusumah, “Implementasi Algoritme Boyer-Moore Pada Aplikasi Kamus Kedokteran Berbasis Android,” UMN, p. 01, 2014.
  2. l. l. Rinaldi Munir, Algoritme dan pemerograman dalam bahasa pascal, c, dan c++, bandung: informatika, 2016.
  3. Y. Halim Agung, “Implementasi Boyer-Moore Pada Aplikasi Pencarian Rumus Matematika Dan Fisika,” p. 76, 2016.
  4. D. K. Pane, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritme Apriori,” Pelita Informatika Budi Darma, p. 26, 2013.
  5. N. Hermanto, “Sistem Pengambilan Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Waighting (SAW) Untuk Menentukan Jurusan Pada SMK Bakti Purwokerto,” Seminar Nasional Teknologi dan Informasi, p. 54, 2012.
  6. M. H. Rifqo Dan Y. Apridiansyah, “Implementasi Algoritme Backtracking Dalam Sistem Informasi Perpustakaan Untuk Pencarian Judul Buku (Studi Kasus Unit Pelayanan Terpadu Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu),” Pseudecode, pp. 90-96, 2017.
  7. M. I. P. Vina Sagita, “Studi Perbandingan Implementasi Algoritme Boyer-Moore, Turbo Boyer-Moore, dan Tuned Boyer-Moore dalam Pencarian String,” p. 31, 2013.
  8. N. A. H. G. L. G. Citra Puji Lestari, “Perangcangan Aplikasi Kamus Istilah Medis Berbasis Android Dengan Algoritme Boyer-Moore,” p. 28, 2016.
  9. R. Ramadi, “Pembuatan Aplikasi History Perjalanan GPS Tracker Berbasis WEB Pada Handphone Menggunakan J2ME,” p. 7, 2011.
  10. F. A. Sianturi, “Perancangan Aplikasi Pengamanan Data Dengan Kriptograpi Advanced Encryption Standard (AES),” Pelita Informatika Budi Darma, p. 43, 2013.
  11. R. M. Putra, “Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Minang Berbasis Android,” p. 9, 2015.
  12. N. Safaat., Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika, 2015.