Main Article Content

Abstract

Pada saat ini banyak perusahaan yang masih menggunakan absensi manual khususnya di perusahaan atau instansi kecil, tentunya sangat disayangkan apabila di era digital ini tidak memanfaatkan teknologi yang makin berkembang, dalam hal ini banyak karyawan masih melakukan kecurangan dalam memanipulasi data absensi manual yang merugikan perusahaan sehingga menghambat kinerja kemajuan perusahaan, selain menimbulkan banyak resiko dan kecurangan yang dapat dilakukan karyawan, menggunakan metode manual pada sistem absensi juga menghabiskan banyak waktu karena harus mencatat satu per satu absensi setiap karyawan tentu saja hal ini tidak efektif. Oleh karena itu, penulis membuat suatu sistem perangkat android untuk menentukan posisi karyawan. Manajer dapat memantau posisi karyawan menggunakan absensi berbasis kotlin yang terhubung satelit dengan menggunakan metode Agile. Dengan adanya sistem ini membuat disiplin karyawan, mengurangi potensi kecurangan, meningkatkan efesiensi dan akurasi, dapat memantau karyawan yang sering absen, dapat memantau karyawan dalam penugasan, mampu menciptakan lingkungan kerja yang produktif, mengetahui posisi karyawan yang sedang bekerja.

Kata Kunci: Absensi, Agile, Android, Digitalisasi, Kotlin

Article Details

How to Cite
Febriandirza, A. (2020). Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin. Pseudocode, 7(2), 123–133. https://doi.org/10.33369/pseudocode.7.2.123-133

References

  1. Husain, A., Prastian, A. H. A., & Ramadhan, A. (2017). Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi. Technomedia Journal, 2(1), 105–116. https://doi.org/10.33050/tmj.v2i1.319
  2. Jadid, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Absensi Perkuliahan Auto Id Berbasis Rfid Yang Terintegrasi Dengan Database Berbasis Web. Karya Ilmiah Mahasiswa Teknik Elektro, 2(2), 59–69.
  3. Andini, A. F., Irzal, M., & Arafiyah, R. (2017). Perancangan dan Implementasi Sistem Absensi Online Berbasis Android di Lingkungan Universitas Negeri Jakarta. J-KOMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Aplikasi, 1(1).
  4. Sibarani, N. S., Munawar, G., & Wisnuadhi, B. (2018). Analisis Performa Aplikasi Android Pada Bahasa Pemrograman Java dan Analisis Performa Aplikasi Android Pada Bahasa Pemrograman Java dan Kotlin. 9th Industrial Research Workshop and Natiomal Seminar (IRONS), (Juli), 319–324
  5. Aulia, N. (2019). Aplikasi Location Based Service (LBS) Untuk Informasi Dan Pencarian Lokasi Rumah Makan Halal Di Kota Kupang Berbasis Android. Journal of Chemical Information and Modeling.
  6. Jumriya, J., Haeruddin, H., & Taruk, M. (2018). Teknologi Location Based Service ( LBS ) Profil Universitas Mulawarman Berbasis Mobile. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi, 2(1), 97–105
  7. Alfeno, S., & Devi, R. E. C. (2017). Implementasi Global Positioning System ( GPS ) dan Location Based Service ( LSB ) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek. Sisfotek Global, 7(2), 27–33
  8. Joni Karman, M. H. (2019). Perancangan Sistem Informasi Geografis Lokasi Objek Wisata Di Kota Lubuklinggau Berbasis Android. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 3(September), 411–421.
  9. Mulyana, E. (2008). Belajar Java Secara Visual dan Interaktif. Yogyakarta : ANDI
  10. Enterprise, J. (2015). Java untuk Pemula. Elex Media Komputindo.
  11. Syani, M., & Werstantia, N. (2018). Perancangan Aplikasi Pemesanan Catering Berbasis Mobile Android. Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi Rekayasa, 1(2).
  12. ANDRI, S. (2018). PROTOTYPE APLIKASI PENGGAJIAN KARYAWAN YATIM MANDIRI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQLI (MYSQL IMPROVE)(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
  13. Purwanto, H. (2019). Rancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Koperasi Xyz. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 6(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v6i1.278
  14. Badriyah, T. (2007). UML Class Diagram. Surabaya: EEIPS-Institut Teknologi
  15. Darmawan, A., Sutrisni, S. & Syamsiah, S. (2016). Pemodelan Proses Bisnis menggunakan activity diagram UML E-Commerce pada klinik dr. Be Cosmetic. Journal of Applied Bussinesd and Economy, 2(4), 292-299.
  16. Nurdam, N. (2014). Sequence Diagram sebagai perkakas perancangan antarmuka pemakai. Ultimatics: Jurnal Teknik Informatika, 6(1), 21-25.
  17. Setiyani, L. (2019). Pemodelan dan Perancangan Aplikasi Manajemen Presensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Mobile Android. Faktor Exacta, 12(1), 40–50. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/3210 .
  18. Desi, S., & Iskandar, I. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN AKSARA BESEMAH PADA ANAK SD DI KOTA PAGARALAM BERBASIS ANDROID ( STUDI KASUS : SD N 55 ) Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA).
  19. Van der Linden, et. al (2015). The EnMAP-Box—A toolbox and application programming interface for EnMAP data processing. Remote Sensing, 7(9), 11249-11266.
  20. Klamt, S., & von Kamp, A. (2011). An application programming interface for CellNetAnalyzer. Biosystems, 105(2), 162-168.
  21. Toso, R. F., & Resende, M. G. (2015). A C++ application programming interface for biased random-key genetic algorithms. Optimization Methods and Software, 30(1), 81-93.