Main Article Content

Abstract

Perpustakaan Universitas Dehasen Bengkulu memprediksi buku favorit berdasarkan catatan peminjaman buku. Prediksi buku favorit bertujuan untuk mempermudah persediaan jumlah buku dan penyusunan buku di ruang perpustakaan, sehingga juga mempermudah pembaca buku yang menginginkan buku favorit untuk dibaca. Masalah yang dialami ketika penjaga perpustakaan melakukan prediksi adalah saat membuka kembali catatan peminjaman buku dan mengumpulkan nama-nama buku yang paling banyak dipinjam sehingga cara ini sangat sulit untuk dilakukan mengingat banyaknya data peminjam yang terdapat di dalam buku catatan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah solusi untuk mempermudah penjaga perpustakaan dalam memprediksi buku favorit. Penelitian ini menerapkan data mining menggunakan metode naive bayes, sehingga dengan adanya data mining menggunakan naive bayes diharapkan dapat mempermudah penjaga perpustakaan dalam memprediksi buku favorit.

Article Details

How to Cite
Lianda, D., & Atmaja, N. S. (2021). Prediksi Data Buku Favorit Menggunakan Metode Naïve Bayes (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu). Pseudocode, 8(1), 27–37. https://doi.org/10.33369/pseudocode.8.1.27-37

References

  1. Imron, M. (2017). Penerapan Data Mining Algoritma Naives Bayes Dan Part Untuk Mengetahui Minat Baca Mahasiswa Di Perpustakaan Stmik Amikom Purwokerto. Telematika, 10(2), 121-135.
  2. Hani, T., Bialek, J. W., & Cherkaoui, R. (2006, June). Modelling generation capacity margin as a dynamic control problem. In 2006 IEEE Power Engineering Society General Meeting (pp. 8-pp). IEEE.
  3. Mubasyaroh, M. (2016). Pengaruh perpustakaan bagi peningkatan mutu pendidikan perguruan tinggi. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 4(1), 77-104.
  4. Prabowo, A. D. R., & Muljono, M. (2018). Prediksi Nasabah Yang Berpotensi Membuka Simpanan Deposito Menggunakan Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization. Techno. Com, 17(2), 208-219.
  5. Rizqiyani, V., Mulwinda, A., & Putri, R. D. M. (2017). Klasifikasi judul buku dengan algoritma naive bayes dan pencarian buku pada perpustakaan jurusan teknik elektro. J. Tek. Elektro, 9(2), 60-65.