Main Article Content

Abstract

Angka kelulusan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  menjadi evaluasi bersama mengapa hasilnya masih dibawah target, banyak faktor yang mempengaruhi  butuh sumber daya lebih untuk bisa melaksanakan dengan lancar terutama dari sumber daya manusia, perangkat pendukung dan metode pembelajaran yang menjadi parameter keberhasilan,  ada beberapa metode pembelajaran yaitu quantum teacing, quantum learning, quantum inquiri, problem based intruction dan cotextual teaching and learning. akan tetapi sekolah belum tahu metode mana yang baik sesuai dengan kondisi dan kejiwaan siswa. Metode Fuzzy Mamdani memiliki kelebihan yakni, lebih intuitif, diterima oleh banyak pihak, bisa diterapkan  pada bidang statistik, , menghasilkan out put yang lebih dekat dengan keadaan sebenarnya,. Hasil pengujian dapat menentukan Strategi Belajar Terhadap Pengaruh Hasil Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani, hasil akhir berjumlah 57,441 dengan kategori Strategi belajar quantum teacing (QT, pemilihan data traning menjadi kesulitan tersendiri karena digunakan untuk mempresentasikan seperti data sebenarnya,  knowledge dan akurasi logic fuzzy yang dihasilkan serta inti akurasi tergantung dari data traning dan pakarnya.

Kata Kunci: UNBK, metode pembelajaran, fuzzy mamdani, siswa

Article Details

Author Biographies

Muntahanah Muntahanah, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Sri Handayani, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Lidia Lidia, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Teknik Informatika, Fakultas Teknik
How to Cite
Muntahanah, M., Handayani, S., & Lidia, L. (2021). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Penentuan Strategi Belajar Siswa Pada Persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pseudocode, 8(2), 108–117. https://doi.org/10.33369/pseudocode.8.2.108-117

References

  1. Haryanto, E. V., & Nasari, F. (2015). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Dalam Memprediksi Tingginya Pemakaian Listrik (Studi Kasus Kelurahan Abc). SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 2-2.
  2. Buana, W. (2017). Penerapan Fuzzy Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Telepon Seluler. Edik Informatika, 2(1), 138-143.
  3. Ula, S. A. M., & Nawangsari, E. R. (2017). Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test, CBT) Di Smp Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 7(1).
  4. Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
  5. Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
  6. Nugroho, M. B., & Nugroho, M. B. (2015). Pola Perilaku Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Boyolali). Artikel Ilmiah. Universitas Sebelas Maret.
  7. Nirsal, N., & Ali, M. (2018). Desain Dan Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Pada SMA Negeri 6 Palopo. Prosiding, 3(1).
  8. Saputra, A., & Syah, N. (2018). PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) TERHADAP HASIL UJIAN NASIONAL (UN) SISWA JURUSAN BANGUNAN KELAS XII SMKN 1 PARIAMAN. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(3).
  9. Maulidya, A. (2017). Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau Computer Based Test (CBT) di SMA Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah.
  10. Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
  11. Mulianah, S., & Hidayat, W. (2016). Pengembangan Tes Berbasis Komputer. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 9(2), 27-43.
  12. Balan, Y. A., Sudarmin, S., & Kustiono, K. (2017). Pengembangan model computer-based test (CBT) berbasis Adobe Flash untuk sekolah menengah kejuruan. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 36-44.
  13. Rochman, A., Sidik, A., & Nazahah, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah. Jurnal Sisfotek Global, 8(1).
  14. Arifin, L. (2013). Upaya Konselor Dalam Membimbing Belajar Siswa Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 201-218.
  15. Rohayani, H. (2013). Analisis sistem pendukung keputusan dalam memilih program studi menggunakan metode logika fuzzy. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 5(1)..
  16. Nasution, H. (2012). Implementasi Logika Fuzzy pada Sistem Kecerdasan Buatan. Jurnal ELKHA, 4(2).[13].
  17. Purba, K. R., Hasanah, R. N., & Muslim, M. A. (2013). Implementasi Logika Fuzzy Untuk Mengatur Perilaku Musuh dalam Game Bertipe Action-RPG. Jurnal EECCIS, 7(1), 15-20.
  18. Nasir, J. (2017). Analisis Fuzzy Logic Menentukan Pemilihan Motor Honda Dengan Metode Mamdani. Edik Informatika, 3(2), 177-186.
  19. Toyib, R., Darnita, Y., & Hidayat, R. (2018). Penerapan Logika Fuzzy Tsukamoto pada Penilaian Mutu Air Mineral (Studi Kasus PDAM Kota Bengkulu). JURNAL MEDIA INFOTAMA, 14(1).
  20. Andani, S. R. (2015, July). Fuzzy Mamdani Dalam Menentukan Tingkat Keberhasilan Dosen Mengajar. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 4)
  21. Wardani, A. R., Nasution, Y. N., & Amijaya, F. D. T. (2017). Aplikasi Logika Fuzzy Dalam Mengoptimalkan Produksi Minyak Kelapa Sawit di PT. Waru Kaltim Plantation Menggunakan Metode Mamdani [16].
  22. Matondang, F., Kusumawati, R., & Abidin, Z. (2012). Fuzzy logic metode mamdani untuk membantu diagnosa dini autism spectrum disorder. Matics.
  23. Widiyanto, W. W. (2018). Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad). Jurnal Informa, 4(1), 34-40.