Main Article Content
Abstract
Kantor Camat Muara Bangkahulu merupakan elemen penting dalam instansi pemerintahan daerah, salah satu tugas pokoknya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh sebab itu, pembangunan dan pelayanan publik merupakan kewajiban dari peran suatu pemerintahan daerah. Bahwasanya pengaduan masyarakat merupakan hal yang sangat penting di dalam sebuah kantor kecamatan. Dengan adanya aspirasi dari masyarakat maka dapat membantu dalam perkembangan dan kemajuan suatu Kecamatan. Namun demikian, kantor kecamatan sedati dalam penerimaan pelaporan dan monitoring yang dilakukan masyarakat masih bersifat manual. Hal Ini menunjukan bahwa belum terciptanya pelayanan yang efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan aplikasi pengaduan yang efektif dan efisien agar masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan tanpa harus datang langsung ke Kantor Kecamatan Muara Bangkahulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi pengaduan masyarakat berbasis mobile, pengujian sistem berdasarkan uji black-box testing dan uji pengguna. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi pengaduan yang diberi nama “Ngadu Cik”, pengembangan aplikasi menggunakan Android Studio IDE, bahasa pemprograman Java, Java Development Kit (JDK) dan Software Development Kit (SDK). Dalam pengujian black-box testing didapatkan bahwa semua fungsi sistem berjalan dengan baik dan tidak terjadi error, baik dari segi menu maupun tombol. Berdasrkan hasil uji validasi kepada pengguna didapatkan hasil presentase sebesar 87,2% kedalam kategori valid, dapat disimpulkan bahwa pengguna merasa puas dan sangat terbantu dengan aplikasi ini.
Kata Kunci: pengaduan, android, black-box testing, uji pengguna
Article Details
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pseudocode yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pseudocode bersifat akademik. Jurnal Pseudocode tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
References
- A. F. Syukri, “Standar Pelayanan Publik Pemda,” Bantul : Kreasi Wacana, pp. 29, 2009.
- C. Budihartantia, & R. Pandiangan, “Rancang Bangun Aplikasi Android Pencarian Rumah Sakit Di Jakarta Menggunakan Algoritma Dijkstra,” J. Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2016.
- E. S. Holle, “Pelayanan Publik Melalui Electronic Government : Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service, ” Sasi, vol. 17, no. 3, pp. 21-30, 2011.
- E. Satriya, “Pentingnya Revitalisasi e-government di Indonesia,” Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Inforormasi & Komunikasi Untuk Indonesia, pp. 3-4, 2016.
- F. Fatin, “Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Android Di Pdam Tirta Satria Kabupaten Banyumas,” Universitas Negeri Semarang, 2016.
- I. Sugiarto, “Aplikasi Pencarian Lokasi Terdekat Pelayanan Kesehatan Berbasis Android Di Yogyakarta,” STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2013.
- J. A. O’Brien, & G. M. Marakas, "Management System Information,” New York : McGraw Hill, 2010.
- M. Mubarak, “Aplikasi Pelaporan Pelayanan Publik Berbasis Android (Studi Kasus : Ombudsman Makassar),” Univiversitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.
- N. K. C. Dewi, I. B. G. Anandita, K. J. Atmaja, & P. W. Aditama, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android,” SINTECH (Science and Information Technology) J, vol. 1, no. 2, pp. 100-107, 2018.
- N. R. Riyadi, “Sistem Pengaduan Dan Pelayanan Masyarakat Di Kota Sorong Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.
- P. I. Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” 2009.
- Peraturan Daerah Kota Bengkulu, “tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 28 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kelurahan Dan Kecamatan Dalam Wilayah Kota Bengkulu,” https://jdih.bengkulukota.go.id/file/763305KOTA_BENGKULU_3_2011.pdf, no. 3, 2011.
- R. A. Sukamto, & M. Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek,” Bandung : Informatika, 2016.
- S. Hartini, & J. Dermawan, “Implementasi model waterfall pada pengembangan sistem informasi perhitungan nilai mata pelajaran berbasis web pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening,” Paradigma J. Komputer & Informatika, vol. 19, no. 2, pp. 142-147, 2017.
- Y. Sansena, “Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Kecamatan Medan Amplas Berbasis Website,” J. Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 15, no. 2, pp. 91-102, 2021.
References
A. F. Syukri, “Standar Pelayanan Publik Pemda,” Bantul : Kreasi Wacana, pp. 29, 2009.
C. Budihartantia, & R. Pandiangan, “Rancang Bangun Aplikasi Android Pencarian Rumah Sakit Di Jakarta Menggunakan Algoritma Dijkstra,” J. Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2016.
E. S. Holle, “Pelayanan Publik Melalui Electronic Government : Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service, ” Sasi, vol. 17, no. 3, pp. 21-30, 2011.
E. Satriya, “Pentingnya Revitalisasi e-government di Indonesia,” Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Inforormasi & Komunikasi Untuk Indonesia, pp. 3-4, 2016.
F. Fatin, “Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Android Di Pdam Tirta Satria Kabupaten Banyumas,” Universitas Negeri Semarang, 2016.
I. Sugiarto, “Aplikasi Pencarian Lokasi Terdekat Pelayanan Kesehatan Berbasis Android Di Yogyakarta,” STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2013.
J. A. O’Brien, & G. M. Marakas, "Management System Information,” New York : McGraw Hill, 2010.
M. Mubarak, “Aplikasi Pelaporan Pelayanan Publik Berbasis Android (Studi Kasus : Ombudsman Makassar),” Univiversitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.
N. K. C. Dewi, I. B. G. Anandita, K. J. Atmaja, & P. W. Aditama, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android,” SINTECH (Science and Information Technology) J, vol. 1, no. 2, pp. 100-107, 2018.
N. R. Riyadi, “Sistem Pengaduan Dan Pelayanan Masyarakat Di Kota Sorong Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.
P. I. Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” 2009.
Peraturan Daerah Kota Bengkulu, “tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 28 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kelurahan Dan Kecamatan Dalam Wilayah Kota Bengkulu,” https://jdih.bengkulukota.go.id/file/763305KOTA_BENGKULU_3_2011.pdf, no. 3, 2011.
R. A. Sukamto, & M. Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek,” Bandung : Informatika, 2016.
S. Hartini, & J. Dermawan, “Implementasi model waterfall pada pengembangan sistem informasi perhitungan nilai mata pelajaran berbasis web pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening,” Paradigma J. Komputer & Informatika, vol. 19, no. 2, pp. 142-147, 2017.
Y. Sansena, “Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Kecamatan Medan Amplas Berbasis Website,” J. Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 15, no. 2, pp. 91-102, 2021.