Main Article Content

Abstract

Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Bengkulu merupakan institusi pendidikan yang memiliki beragam siswa dari berbagai latar belakang keluarga yang berbeda, setiap siswa memiliki karakter yang berbeda dengan siswa yang lain, untuk itu perlu pendekatan khusus untuk masing-masing siswa. Untuk memahami setiap karakter masing-masing siswa maka diperlukan aplikasi sistem pakar untuk membantu menentukan karakter yang ada serta bakat yang dimiliki setiap siswa, agar dapat memudahkan guru dalam memberikan pelayanan pengajaran yang sesuai dengan karakter masing-masing siswa yang ada.

Tujuan penelitian ini adalah Membuat sistem pakar untuk menentukan karakteristik dan bakat siswa  menggunakan Visual Basic 6.0 di SLB Negeri (Autis Center) Kota Bengkulu.

Penelitian dilakukan di SLB Negeri Kota Bengkulu pada tanggal 16 s.d 28 Maret 2015. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan studi pustaka.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya sistem pakar menentukan karakteristik dan bakat siswa, dapat membantu guru dalam mengenali karakter setiap siswa dan mengetahui jika ada siswa yang memiliki bakat.

Kata Kunci:Sistem Pakar, Karakter, Bakat

Article Details

How to Cite
Alinse, R. T. (2018). SISTEM PAKAR MENENTUKAN KARAKTERISTIK DAN BAKAT SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODEFORWARD CHAINING. Pseudocode, 5(1), 87–96. https://doi.org/10.33369/pseudocode.5.1.87-96