Main Article Content

Abstract

Abstrak: Perkembangan game online semakin berkembang pesat, dengan kebutuhan spesifikasi hardware
yang lebih tinggi. Kendala umum yang dihadapi oleh warnet atau game center adalah keterbatasan pada
spesifikasi tinggi dari hardware. Salah satu solusi adalah menggunakan sistem PC Cloning.Untuk
mengetahui performansi yang dihasilkan oleh sistem PC Cloning maka penulis melakukan pengujian
terhadap sistem PC Cloning yang menggunakan aplikasi Winconnect. Pada penelitian ini penulis
menggunakan metode simulasi General Network Design Process (GNDP). Pada penelitian ini penulis
menggunakan CPU usage dan RAM usage sebagai parameter pengukuran performansi. Game online yang
diuji adalah game Modoo Marbel, game DoTA, dan game Lost Saga. Setelah dilakukan pengujian maka
diperoleh hasil bahwa pada sisi server terdapat peningkatan performansi ketika terjadi penambahan client dan penggunaan aplikasi. Pada saat menjalankan aplikasi game pada sistem PC Cloning dengan
Winconnect, batasan spesifikasi game online yang bisa dijalankan hanya sampai pada spesifikasi DirectX
versi 7.

Kata Kunci: PC Cloning, Winconnect, performansi, CPU Usage, RAM Usage

Article Details

How to Cite
Solihin, R. J., Arnaldy, D., & Syafe’i, S. (2015). ANALISIS PERFORMANSI WINCONNECT PADA JARINGAN PC CLONING UNTUK APLIKASI GAME ONLINE. Pseudocode, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.33369/pseudocode.2.1.20-27