Main Article Content
Abstract
Abstrak: Perkembangan game online semakin berkembang pesat, dengan kebutuhan spesifikasi hardware
yang lebih tinggi. Kendala umum yang dihadapi oleh warnet atau game center adalah keterbatasan pada
spesifikasi tinggi dari hardware. Salah satu solusi adalah menggunakan sistem PC Cloning.Untuk
mengetahui performansi yang dihasilkan oleh sistem PC Cloning maka penulis melakukan pengujian
terhadap sistem PC Cloning yang menggunakan aplikasi Winconnect. Pada penelitian ini penulis
menggunakan metode simulasi General Network Design Process (GNDP). Pada penelitian ini penulis
menggunakan CPU usage dan RAM usage sebagai parameter pengukuran performansi. Game online yang
diuji adalah game Modoo Marbel, game DoTA, dan game Lost Saga. Setelah dilakukan pengujian maka
diperoleh hasil bahwa pada sisi server terdapat peningkatan performansi ketika terjadi penambahan client dan penggunaan aplikasi. Pada saat menjalankan aplikasi game pada sistem PC Cloning dengan
Winconnect, batasan spesifikasi game online yang bisa dijalankan hanya sampai pada spesifikasi DirectX
versi 7.
Kata Kunci: PC Cloning, Winconnect, performansi, CPU Usage, RAM Usage
yang lebih tinggi. Kendala umum yang dihadapi oleh warnet atau game center adalah keterbatasan pada
spesifikasi tinggi dari hardware. Salah satu solusi adalah menggunakan sistem PC Cloning.Untuk
mengetahui performansi yang dihasilkan oleh sistem PC Cloning maka penulis melakukan pengujian
terhadap sistem PC Cloning yang menggunakan aplikasi Winconnect. Pada penelitian ini penulis
menggunakan metode simulasi General Network Design Process (GNDP). Pada penelitian ini penulis
menggunakan CPU usage dan RAM usage sebagai parameter pengukuran performansi. Game online yang
diuji adalah game Modoo Marbel, game DoTA, dan game Lost Saga. Setelah dilakukan pengujian maka
diperoleh hasil bahwa pada sisi server terdapat peningkatan performansi ketika terjadi penambahan client dan penggunaan aplikasi. Pada saat menjalankan aplikasi game pada sistem PC Cloning dengan
Winconnect, batasan spesifikasi game online yang bisa dijalankan hanya sampai pada spesifikasi DirectX
versi 7.
Kata Kunci: PC Cloning, Winconnect, performansi, CPU Usage, RAM Usage
Article Details
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dipersilahkan mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pseudocode yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC-BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pseudocode bersifat akademik. Jurnal Pseudocode tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.
How to Cite
Solihin, R. J., Arnaldy, D., & Syafe’i, S. (2015). ANALISIS PERFORMANSI WINCONNECT PADA JARINGAN PC CLONING UNTUK APLIKASI GAME ONLINE. Pseudocode, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.33369/pseudocode.2.1.20-27