Main Article Content

Abstract

Sistem pakar (Expert System), merupakan salah satu cabang Artificial Intelligence (AI), Salah satu jenis sistem  pakar dalam  bidang kesehatan adalah sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit lambung berdasarkan gejala atau keluhan yang dirasakan oleh pasien. Penyakit pada lambung antaralain adalah sakit maag (Gastritis), Dispepsia dan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit maag diakibatkan oleh asam lambung yang berlebihan, sehingga dinding lambung lama-lama tidak kuat menahan asam lambung tadi sehingga timbul luka. Sistem  pakar  penyakit  lambung  ini  menggunakan  teori  Dempster-Shafer, karena dengan  teori  tersebut dapat  mengetahui  persentase  kemungkinan  penyakit yang diderita pasien dan diharapkan sistem  dapat memberikan saran untuk melakukan tindakan  atau  pengobatan  yang  sesuai  dengan  jenis  penyakitnya.  Dempster-Shafer adalah   representasi,   kombinasi   dan   propogasi   ketidakpastian,   dimana   teori   ini memiliki  beberapa  karakteristik  yang  secara  instutitif  sesuai  dengan  cara  berfikir seorang pakar, namun dasar matematika yang kuat. Berdasarkan tabel hasil penelitian  bisa disimpulkan bahwa hasil dari Dokter dengan  Sistem pakar penyakit lambung dengan metode dempster shafer berbasis web ini mempunyai kecocokan atau kesesuaian sebesar 70%.

Kata Kunci: Penyakit Lambung, Sistem Pakar, Dempster Shafer

Article Details

Author Biographies

Kirman Kirman, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik

Andika Saputra, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik

Jacky Sukmana, Universitas Bengkulu

Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
How to Cite
Kirman, K., Saputra, A., & Sukmana, J. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Lambung Dan Penanganannya Menggunakan Metode Dempster Shafer. Pseudocode, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.1.58-66

References

  1. Ruen, Afriani. 2012. Implementasi Forward Chaining untuk Diagnosis Penyakit Jantung. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.
  2. Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar. Andi: Yogyakarta.
  3. Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial intelligence I (Teknik dan Aplikasinya). Graha Ilmu: Bandung.
  4. Sulistyohati, Aprilia dan Taufiq Hidayat. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ginjal dengan Metode Dempster- Shafer.Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Yogyakarta.
  5. Dayan Sinaga, M dan Br. Sembiring, N S. 2016. Penerapan Metode Dempster Shafer Vol 2. No 2. Hal 94-107.