Main Article Content

Abstract

Sistem Pencatatan Kredit Poin Pelanggaran Siswa sangat penting untuk menunjang ketertiban siswa, pengawasan dan pengendalian siswa di sekolah, yang mendukung dalam pengambilan keputusan manajemen sekolah terhadap siswa selanjutnya. SMA Negeri Tuah Gemilang berada di Jalan Batang Tuaka Kelurahan Sungai Piring Kecamatan Batang Tuaka,Kabupaten Indragiri Hilir. Pada saat ini sekolah dipimpin oleh Bapak Bahrial Tantejo. Sekolah memiliki tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa-siswinya untuk menjaga kenyamanan pada saat belajar. Implemantasi dari tata tertib masih belum membuahkan hasil yang maksimal. Untuk itu dirancang sebuah sistem website guna memaksimalkan tata tertib di sekolah SMA Negeri Tuah Gemilang. Tahapan pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dan tahap perancangan sistem menggunakan teknik Object Oriented Analysis Design (OOAD) dan Unified Modelling Language (UML). Kode dan pengetesan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai pengelola database. Dari penelitian ini menghasilkan Sistem Pencatatan Kredit Poin Pelanggaran Siswa berbasis website yang memonitoring perilaku siswa/ siswi agar taat  pada peraturan yang ditetapkan oleh pihak sekolah SMA Negeri Tuah Gemilang.

Kata Kunci: Metode Waterfall, MySQL, OOAD, PHP, UML.

Article Details

Author Biographies

Megawati Megawati, UIN Suska Riau

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi

M.Wahyu Pratama, UIN Suska Riau

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi
How to Cite
Megawati, M., & Pratama, M. (2019). Rancang Bangun Sistem Pencatatan Kredit Poin Pelanggaran Siswa Berbasis Web. Pseudocode, 6(1), 67–76. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.1.67-76

References

  1. Al-Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.
  2. Hanif Al Fatta, 2007, Analisis Perancangan Sistem Informasi, Andi Offset, Yogjakarta, Indonesia
  3. Jogiyanto, HM. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur, Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis. Andi. Yogyakarta.
  4. Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  5. Agung M Leo. 2008, Menguasai XHTML, CSS, PHP, & MySQL Melalui Dreamweaver.
  6. Suryosubroto. Manajemen Pendidikan Di Sekolah 2010, Rineka Cipta, Yogyakarta, 2010.
  7. Nugroho, Adi. 2005, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metode Berorientasi Objek. Informatika Bandung: Bandung.
  8. Abdul Khadir, 2003. Dasar Pemrogaman Web DinamisMenggunakan PHP. Yogyakarta : ANDI.
  9. Sutabri, Tata ”Analisis Sistem Informasi”.Edisi 1. Andi. Yogyakarta. 2012.
  10. Jogiyanto HM. 2000. Analisis & Desin Sistem Informasi. Andi, Yogyakarta Offset.