Aplikasi Seleksi Calon Pendonor Darah Menggunakan Algoritme C4.5

Anisya Sonita(1), Robian Kundari(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

Abstract


Salah satu masalah utama yang dihadapi dalam sistem pelayanan kesehatan di Negara berkembang, adalah kurangnya persediaan darah aman yang memadai untuk keperluan transfuse darah bagi yang membutuhkannya. Persediaan darah terus berkurang sementara jumlah permintaan darah dari pasien terus meningkat. Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) PMI Kota Bengkulu seringkali mengalami kondisi kritis, yaitu minimnya persediaan darah aman yang dibutuhkan masyarakat. Salah satu cara untuk merestok persediaan darah adalah dengan mengadakan event atau acara penggalangan donor darah yang biasanya dilakukan di area kampus atau bergabung dengan event lain. Banyaknya pendonor membuat proses donor darah menjadi lama karena membutuhkan waktu pada saat proses pemeriksaan kondisi calon pendonor. Kondisi badan calon pendonor darah sangatlah penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan setelah proses pengambilan darah selesai. Salah satu efek samping yang sering terjadi akibat mendonorkan darah adalah jatuh pingsan seketika bahkan bisa terjadi gagal jantung sehingga pemeriksaan kondisi badan calon pendonor darah sangatlah penting. Salah satu cara untuk mempercepat pemeriksaan adalah dengan menyimpan data calon pendonor dan melakukan proses mining untuk menentukan kriteria calon pendonor darah potensial. Kriteria tersebut didapatkan dengan cara menggali informasi pendonor darah sebelumnya dan membuat sebuah sistem data mining. Salah satu algoritme yang mendukung proses tersebut adalah algoritme C4.5 karena dengan menggunakan algoritme ini akan menghasilkan sebuah pohon keputusan yang terdiri dari kriteria-kriteria yang sesuai pendonor darah potensial. Dengan menggunakan kriteria tersebut akan mempercepat proses pemeriksaan calon pendonor.

Kata Kunci: Algoritme C4.5, Donor Darah, PMI.


References


Yuyun, Soedarmono, SM, Susanti dan Kartabrata. 2005. Pedoman Pelayanan Transfusi Darah: Perhitungan Biaya Unit Transfusi Darah UTDP PMI, Jakarta.

Kusrini, luthfi taufiq emha, 2009, Algoritme Data Mining. Penerbit Andi. Yogryakarta.

Depkes RI, 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.

Aziz, A. S. 2000. Upaya Menghimpun dan Melestarikan Donor Darah. Buletin Transfusi Darah No.279/November Tahun ke XXVII. UTD-PMI Pusat. Jakarta.

Trevor J. Cobain. 2004. Fresh Blood Product Manufacture, Issue, and Use: A Chain of Diminishing Returns? Transfusion Medicine Reviews. Vol 18. No 4. pp 279-292.

Masser, B.M., White, K.M., Hyde, M., & Terry, D.J. (2008). The psychology of blood donation: Current research and future directions. Transfusion Medicine Reviews, 22, 215-233.




DOI: https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.96-103

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pseudocode

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pseudocode terindeks

Jurnal Pseudocode
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu
Jl. W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu 38371
Telepon (0736) 344087 Faksimile (0736) 349134
Email: pseudocode@unib.ac.id

Counter Homepage kostenlos

 

Location