Main Article Content

Abstract

Koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum koperasi, dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha, yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi. Dukungan infrastruktur komputer pada Koperasi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu yang ada saat ini telah dapat dimanfaatkan dengan baik. Salah satu alternatifnya dengan dikembangkannya Sistem Informasi Koperasi Karyawan pada Koperasi pada Badan Pusat Statistik (BPS) dalam upaya membantu pegawai dalam mengelola data-data terdiri dari data anggota, data pengajuan pinjaman, data pengajuan disetujui, data simpanan pinjaman dan data angsuran. Tujuan yang hendak dicapai  dalam penelitian ini adalah untuk membuat Rancang Bangun sistem Informasi Koperasi Karyawan Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari sistem konvensional menjadi sistem komputer dengan tahapannya adalah analisis sistem lama, analisis sistem baru, perancangan sistem, implementasi sistem dan uji coba sistem. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan adalah menggunakan Rancang Bangun sistem Informasi Koperasi Karyawan Pada Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan Visual Basic 6.0.Hasil yang diharapkan dari Rancang Bangun sistem Informasi Koperasi Karyawan Pada Badan Pusat Statistik (BPS) adalah adanya laporan-laporan yang dapat dicetak kedalam lembar kerja berupa laporan daftar anggota koperasi, laporan data simpanan per anggota, laporan data pinjaman per anggota  laporan data angsuran per anggota dan rekapitulasi pinjaman anggota.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Koperasi, Visual Basic 6.0.

Article Details

Author Biographies

Sapri Sapri, Universitas Dehasen

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer

Rizka Tri Alinse, Universitas Dehasen

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer
How to Cite
Sapri, S., & Alinse, R. T. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Karyawan Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu. Pseudocode, 6(1), 30–38. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.1.30-38

References

  1. Hanif Al Fatta, 2007, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern, Andi Yogyakarta, 212 halaman.
  2. Andri Kristanto, 2007, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Gava Media, Yogyakarta, 171 halaman.
  3. ---------------, Undang Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.