Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pengenalan Bangunan Bersejarah Rumah Kediaman Bung Karno Bengkulu Berbasis Android

Dedy Abdullah(1), Alkausar Sani(2), Amir Hasan(3),
(1) Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

Abstract


Pemanfaatan teknologi mulai berkembang dari masa ke masa, bayangkan saja dari yang dulu hanya bisa mendengarkan suara lewat radio, kemudian berkembang dengan hadirnya televisi walau hanya 2 warna, sekarang telah berubah menjadi masa kejayaan teknologi portable seperti smartphone. Rumah kediaman Bung Karno merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Ir. Soekarno semasa pengasingan yang terletak di kota Bengkulu. Letaknya yang berada di pusat kota Bengkulu menjadikannya salah satu obyek wisata utama kota Bengkulu. Kurangnya informasi dan media promosi yang kurang menarik dan tidak interaktif menyebabkan pengunjung yang datang ke lokasi ini masih sangat sedikit. Penelitian ini mengugunakan metode incremental. Hasil penelitian menunjukkan sistem aplikasi augmented reality Rumah Kediaman Bung Karno berjalan dengan baik. Jarak yang baik dalam proses tracking pada marker adalah 27 cm, sudut pandang yang baik adalah 00-450 serta cahaya yang baik adalah 100 lm/m2 -400 lm/m2.

Kata kunci : Augmented Reality, Rumah Kediaman Bung Karno, incremental, Obyek wisata, Bengkulu.


References


Okrianto, MS.Erlansari, Aan. Ernwati” Aplikasi AR-HB (augmented reality and historical building) sebagai media promosi dan pengenalan Bangunan bersejarah Di kota Bengkulu”,Jurnal Rekursif, Bengkulu, 2018.

Azuma, Ronald T. (august 1997). Journal : “A survey of Augmented Reality”. Presence: Teleoperators and virtual Environment

Haller, Billinghurst, dan Thomas. (2007). “Emerging Technologies of Augmented Reality” : Interfaces and Design

Andrew I. Comport. (2006). “Real-Time Markerless Tracking for Augmented Reality” : The Virtual Visual Serving Framework

http://www.sweethome3d.com

www.qualcomm.com

Nazruddin, S. H. (2011). Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet.

Swalt, mengenal JDK, SDK, AVD dan ECLIPSE, http://www.swalt.info/pemograman/android/115-mengenal-jdk-sdk-avd- dan-eclipse.html, Agarwal, Bharat Bhusnan.,Tayal, Sumit Prakash” Software Engineering 2nd Ed. Firewall Media,. New Delhi, 2009




DOI: https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.1.21-29

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pseudocode



Jurnal Pseudocode terindeks

Jurnal Pseudocode
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu
Jl. W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu 38371
Telepon (0736) 344087 Faksimile (0736) 349134
Email: pseudocode@unib.ac.id

Counter Homepage kostenlos

 

Location