Implementasi Metode String Matching Untuk Pencarian Berita Utama Pada Portal Berita Berbasis Android (Studi Kasus: Harian Rakyat Bengkulu)

Ernawati Ernawati, Asahar Johar, Sandi Setiawan

Abstract


Pencocokan string merupakan bagian penting dari sebuah proses pencarian string (string searching) dalam sebuah dokumen. Hasil dari pencarian sebuah string dalam dokumen tergantung dari teknik atau cara pencocokan string yang digunakan. portal berita memiliki satu server dan 10 administrator berdasarkan 10 Kabupaten/Kota, dimana aplikasi server memiliki klasifikasi berdasarkan hot news, kategori berita, dan pencarian berita. Sedangkan pada client akan menampilkan informasi secara online klasifikasi berdasarkan hot news, kategori berita, dan pencarian berita. Hal ini didukung dengan perkembangan akses internet yang semakin pesat, sehingga setiap orang di dunia dapat mengakses atau memberikan informasi secara real time (tanpa adanya jeda waktu). hasil dari implementasi dapat menerapkan metode string matching pada berita utama, sehingga dapat menarik minat pembaca bukan hanya dari tulisan yang baik dan mudah dipahami melainkan melalui gambar berdasarkan kategori berita, Kabupaten, serta pewarta berita. Diharapkan untuk kedepannya aplikasi ini diharapkan dapat dikembangkan dengan algoritme ataupun metode yang lain, sehingga dapat mengetahui secara pasti algoritme ataupun metode apa yang sesuai dalam aplikasi portal berita.

Kata Kunci: String, Pencarian, Android, Berita, Website.


References


Prahasta, E. (2007). In Konsep Perancangan Sistem Informasi Geografis (p. 83). Bandung: Informatika.

Rosaria, Maya. 2015. Implementasi Algoritma Pencocokan String Knuth morris-Pratt Dalam Aplikasi Pencarian Dokumen Digital Berbasis Android. Jurnal Rekursif, Vol. 3 No.2 November 2015, ISSN 2303-0755

Tirtobisono, R. (2009). In Pengenalan Dasar Visual Basic 6.0 (p. 68). Yogyakarta: Andi Offset.

Robert Theophani Singkoh, A. S. (2016). Perancangan Game FPS (First Person Shooter) Police Personal Training. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer Vol.5 No.1 Januari-Maret 2016, ISSN : 23018402 , 7.




DOI: https://doi.org/10.33369/pseu.6.1.77-82

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pseudocode terindeks

Jurnal Pseudocode
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu
Jl. W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu 38371
Telepon (0736) 344087 Faksimile (0736) 349134
Email: pseudocode@unib.ac.id


Counter Homepage kostenlos