Main Article Content

Abstract

Jagung merupakan salah satu tanaman  pangan yang banyak dibudidayakan di dunia. Indonesia salah satu negara yang memiliki potensi yang sangat besar dalam sektor Pertanian, maka diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil panen salah satunya dengan melakukan pemupukan yang baik dan benar. tanaman jagung sangat rentan dengan kekurangan unsur hara, Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Sistem pakar menentukan kekurangan unsur hara dan penggunaan pupuk pada tanam jagung pasca penanaman menggunakan metode forward chaining (FC). Gejala yang terdapat pada sistem sebanyak 32 gejala dari seluruh gejala yang ada baik pada daun, batang, akar dan tongkol jagung. Sistem pakar ini dibuat menggunakan MySQL sebagai database, PHP (Hypertext Preprocessor) untuk bahasa pemrograman dan UML (Unified Modeling Languange ) sebagai pemodelan perancangan perangkat lunak (software). Pengujian sistem dilakukan dengan dua tahap yaitu Black Box Testing dan White Box Testing, sedangkan untuk pengujian kelayakan sistem menggunakan Skala Liker dan Probabiltas Klasik. Jumlah responden yang diajukan sebanyak 31 orang, kuesioner terdiri atas 8 pertanyaan. 4 tentang tampilan sistem dan 4 tentang kemudahan menggunakan sistem. perolehan yang didapat untuk tampilan sistem dengan rata-rata persentase 90,49 % termasuk ke dalam interval “Sangat Baik”, kemudahan menggunakan aplikasi dengan rata-rata persentase sebesar 82,67 % termasuk ke dalam interval “Baik” dan  hasil dari  uji kelayakan diperoleh presentase sebesar 53,12  jadi sistem dapat dikatakan Layak.

Kata Kunci: Forward Chaining, MySQL, PHP, Unsur Hara, Tanaman Pangan.

Article Details

Author Biographies

Ahmad Fauzi, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Desi Andreswari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Bambang Gonggo Murcitro, Universitas Bengkulu

Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian
How to Cite
Fauzi, A., Andreswari, D., & Murcitro, B. G. (2019). Sistem Pakar Menentukan Kekurangan Unsur Hara Dan Penggunaan Pupuk Pada Tanaman Jagung Pasca Penanaman Menggunakan Metode Forward Chaining (FC). Pseudocode, 6(2), 104–113. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.104-113

References

  1. Arma, Makmur Jaya, dkk. 2013. Pertumbuhan Dan Produksi Jagung (Zea mays L. ) Dan Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Melalui Pemberian Nutrisi Organik Dan Waktu Tanam Dalam Sistem Tumpangsari.
  2. Siwi. 2016. Perkembangan Produksi Dan Kebijakan Dalam Peningkatan Produksi Jagung.
  3. Hanafiah, Kemas Ali. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Jakarta : Rajawali Pers.
  4. Prasetyo, & Suriadikarta. 2006. Karakteristik, Potensi Dan Teknologi Pengelolaan Tanah Ultisol Untuk Pengembangan Pertanian Lahan Kering Di Indonesia: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Bogor.
  5. Rosmarkam, dkk. 2002. Ilmu Kesuburan Tanah. Yogyakarta : Kanisius Yogyakarta.
  6. Kasirah. 2007. Sistem informasi pemupukan lahan pertanian. Mojokerto : Universitas MayJen Sungkono Mojokerto.
  7. Lingga. 2013. Petunjuk Penggunaan Pupuk / Pinus Jakarta: Penebar Swadaya. Jakarta.