Main Article Content

Abstract

Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak disukai oleh semua kalangan,saking banyaknya hampir diseluruh pelosok tempat terdapat kucing, karna kepopulerannya dikalangan masa, tidak kaget kalo banyak yang memilihara hewan ini. Namun kepopulerannya dan banyaknya orang memelihara hewan ini tidak diimbangi dengan pemeliharaanya, cara merawat, dan dokter hewan yang belum semua tempat ada. Oleh karena itu kami berinisiatif untuk membantu para dokter,dan semua orang yang memerlukanya. untuk mengembangkan aplikasisistem  pakar untuk mendiagnosis penyakit Feline virus yang dialami pada kucing. Sistem pakar ini akan dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan metode Certainty Factor dan sebagai penampung datanya akan menggunakan Database MySQL. Sistem Pakar yang kami buat akan menghasilkan output diagnosa penyakit yang berdasarkan user yang menginputkan Sistem pakar juga berguna sebagai alat untuk menyimpan pengetahuan seorang pakar khususnya pakar penyakit kucing. Dengan adanya sistem pakar ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai penyakit yang dialami kucing.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor, Penyakit Feline Virus, Kucing.

Article Details

Author Biographies

B. Yoriko Tri Astono, Universitas Amikom Purwokerto

Program Studi Teknik Informatika

Muhammad Syafri Febrian, Universitas Amikom Purwokerto

Program Studi Teknik Informatika

Wegig Purba Laksana, AMIKOM PURWOKERTO UNIVERSITY

Program Studi Teknik Informatika

Rafael Inggil Laveri, Universitas Amikom Purwokerto

Program Studi Teknik Informatika
How to Cite
Astono, B. Y. T., Febrian, M. S., Laksana, W. P., & Laveri, R. I. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Feline Virus Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. Pseudocode, 6(2), 149–155. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.149-155

References

  1. Nurajizah, Siti, and Maulana Saputra. "Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Diagnosa Penyakit Kulit Kucing Dengan Metode Forward Chaining." Jurnal Pilar Nusa Mandiri 14.1 (2018): 7-14..
  2. Nugraha, A. A. S., Hidayat, N. and Fanani, L. (2018) ‘Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kucing Menggunakan Metode Naive Bayes - Certainty Factor Berbasis Android’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(2), pp. 650–658.