Main Article Content

Abstract

Seiring perkembangan teknologi informasi, perpustakaan dituntut untuk memberikan informasi yang lebih dinamis, cepat, dan akurat. Hal ini dilakukan agar keeksistensian perpustakaan di era teknologi informasi ini dapat dipertahankan di tengah maraknya penyedia informasi lain yang lebih canggih sebagai kompetitor perpustakaan. Dalam hal ini perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) tidak hanya berfokus pada segi pengembangan koleksi dari berbagai ilmu yang didapatkan dari buku atau skripsi mahasiswa, akan tetapi juga memperhatikan kemudahan akses bagi pemustaka dan pencari referensi dalam penyelesaian tugas dan skripsi sekalipun. Salah satu alat yang dapat memudahkan pemustaka pada perpustakaan adalah katalog.  Melalui katalog buku dan skripsi di perpustakaan UMB, pengguna dapat melakukan akses ke koleksi suatu perpustakaan. Perpustakaan menginformasikan keadaan sumber daya koleksi yang dimilikinya kepada pengguna, melalui katalognya. Katalog perpustakan juga tidak luput dari objek revolusi,  hal ini dibuktikan dengan munculnya inovasi pada media katalog dari masa ke masa. Inovasi terhadap katalog perpustakaan ditujukan untuk memberi kemudahan kepada pengguna perpustakaan dalam menemu-balikkan bahan pustaka yang diinginkannya dari perpustakaan. Agar pencarian katalog buku dan skripsi dapat lebih cepat diperlukan suatu algoritme yang tepat agar dapat membantu dan mempermudah pemustaka dalam mencari referensi terutama di perpustakaan UMB. Ada banyak algoritme dalam pencarian salah satunya adalah algoritme Interpolation Search. Tujuan dalam peneltian ini untuk menghasilkan sistem informasi katalog buku dan skripsi serta Mengimplementasikan algoritme Interpolation Search ke dalam pencarian data katalog buku dan skripsi di perpustakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Katalog Buku dan Skripsi, Algoritme Interpolation Search

Article Details

Author Biographies

Gunawan Gunawan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Program Studi Sistem Informasi

Nuri David Maria Veronika, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Program Studi Teknik Informatika

Ardi Wijaya, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Program Studi Teknik Informatika
How to Cite
Gunawan, G., Veronika, N. D. M., & Wijaya, A. (2019). Sistem Informasi Katalog Buku dan Skripsi Dengan Pencarian Menggunakan Algoritme Interpolation Search (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu). Pseudocode, 6(2), 164–171. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.164-171

References

  1. Hatta, M., Sutardi, S., & Pramono, B. (2016). Implementasi Kamus Kata Serapan Bahasa Indonesia–Inggris dengan Fitur Auto Complete Text Menggunakan Algoritme Interpolation Search Untuk Smartphone Berbasis Android. semanTIK, 2(1).
  2. Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance model (TAM) untuk menganalisis penerimaan terhadap sistem informasi di perpustakaan Informasi Perpustakaan. IQRA': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 9(1).
  3. Wijaya, A., & Gunawan (2018). Implementasi Algoritme Round Robin Pada Sistem Penjadwalan Mata Kuliah (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Bengkulu). Jurnal Informatika Upgris, 4(1).
  4. Rahayu, I., Pramono, B., & Dewi, A. P. (2015). Implementasi Kamus Kedokteran dengan Metode Interpolasi (Interpolation) dan Mencari Kemiripan Kata Menggunakan Algoritme Levenshtein Distance pada Perangkat Android. semanTIK, 1(2).
  5. Yugianus, P., Dachlan, H. S., & Hasanah, R. N. (2013). Pengembangan Sistem Penelusuran Katalog Perpustakaan Dengan Metode Rocchio Relevance Feedback. Jurnal EECCIS, 7(1), 47-52.