Aplikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Andi Lala(1), Marhalim Marhalim(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang dapat dijadikan tolak ukur dalam tatakelola institusi terutama tatakelola fakultas teknik dalam hal melakukan pelayanan terhadap mahasiswa, subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif fakultas teknik yang terdiri dari program studi informatika dan program studi sistem informasi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan stakeholder yang ada di fakultas teknik menyadari betapa pentingnya mengutamakan pelayanan terhadap mahasiswa sebab keberhasilan suatu fakultas khususnya program studi sebagai unit kerja pada perguruan tinggi salah satunya ditentukan oleh mutu pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa. Untuk mengetahui mutu pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa adalah dengan cara melakukan evaluasi, salah satu cara evaluasi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang di berikan oleh fakultas terutama oleh program studi dan tata usaha.

Kata Kunci : Penelitian, Aplikasi, Informasi, IKM.


References


Yoga Budi Bhakti , Eva Yuni Rahmawati. 2017. Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Program Studi Pendidikan Matematika. Penerbit Jurnal Formatif 7 : 272-285 ISSN 2088-351X

Handayani, R, Yermias T. K., & Ratminto. (2003). Analisis kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan nasional provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Sosiosains, vol 17, April 2003. Pasca Sarjana Fisipol UGM, Yogyakarta.

I Wayan Suasnawa, I Nyoman Eddy Indrayana. 2017. Sistem Informasi Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Politeknik Negeri Bali. Penerbit Prosiding Sentrinov Tahun 2017 Volume 3 – ISSN: 2477 – 2097

Tuti Sulastri, 2016. Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Unisma. Penerbit Jurnal Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Dan Kewirausahaan “Optimal” Vol.10, No. 2 September 2016.

Rendi .LS. 2014. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Pegawai Biro Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan (Baak) Di Universitas Negeri Padang. Penerbit Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomor 1, Juni 2014

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survei Indeks Kepuasan Masyarakat.

Srinadi dan Nilakusmawati. 2008. “Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di FMIP, Universitas Udayana)” Jurnal Cakrawala Pendidikan. November. Th. XXVII




DOI: https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.173%20–%20181

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 andi lala

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pseudocode terindeks

Jurnal Pseudocode
Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu
Jl. W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu 38371
Telepon (0736) 344087 Faksimile (0736) 349134
Email: pseudocode@unib.ac.id

Counter Homepage kostenlos

 

Location