Main Article Content

Abstract

Proses monitoring suhu merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan khususnya dalam dunia industri. Dengan monitoring suhu, diperoleh data suhu yang dapat digunakan untuk melakukan quality control dan analisa pemecahan masalah ketika terjadi suatu kegagalan. Pada artikel ini akan diambil data suhu dan kelembaban di ruang workshop BPPT-MEPPO dengan menggunakan module DHT11 yang sebagai sensor suhu dan kelembaban. Sinyal yang diterima oleh DHT11 akan diolah oleh Raspberry Pi 3 dan dikirimkan ke ThingSpeak sebagai server penerima data. Setelah data masuk ke ThingSpeak, data pengukuran yang telah dilakukan dapat dilihat menggunakan handphone ataupun komputer yang mempunyai akses internet. Data yang diperoleh selanjutnya ditampilkan dalam bentuk grafik suhu dan kelembaban vs waktu. Tampilan grafik tersebut dapat diakses secara mobile dengan perangkat telefon yang terhubung dengan akses internet.

Keywords

IoT Raspberry Pi Suhu ThingSpeak

Article Details

References

  1. Singh, A. & Singh, G. (2016). Review on Temperature & Humidity Sensing using IoT. Electronics and Communication Department,
  2. REKAYASA 24 MEKANIK Vol.4 No.1 ?April 2020
  3. Bharati Vidyapeeth’s College of Engineering. New Delhi. India.
  4. Budioko, T. (2016). Sistem Monitoring Suhu Jarak Jauh Berbasis Internet Of Things Menggunakan Protokol MQTT. Jurusan Teknik Komputer. STMIK AKAKOM. Yogyakarta
  5. How To Set Up The Dht11 Humidity Sensor On The Raspberry Pi, http://www.circuitbasics.com/how-to-set-up-the-dht11-humidity-sensor-on-the-raspberry-pi/, diakses pada 14 Januari 2020.
  6. Ramadhan, A., Yuliatmojo, P., & Taryudi. (2019). Sistem Monitoring Suhu dan Gas beracun pada Ruangan Berbasis Internet of Things. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta Timur. Indonesia.
  7. Subehan, M., & Ritzkal. (2017). Sistem Monitoring Suhu Kulkas Penyimpanan Darah Berbantuan Aplikasi Web. Banten.